6 Kunci Sukses Menekuni Bisnis Online

tips-bisnis-online

Kesuksesan merupakan harapan yang diinginkan banyak orang dalam membangun sebuah bisnis, termasuk sukses di bisnis online. Tujuan utama membangun bisnis di segmen ini tentunya agar bisa mendapatkan uang dari internet, seperti dengan cara membuat toko online, blog atau website. Supaya mampu mewujudkan keinginan tersebut sangat penting untuk memiliki ilmunya dan memahami konsepnya terlebih dahulu.

Sebagai contoh anggap saja Anda berencana ingin belajar cara mendapat uang dari internet dengan membuat blog atau website yang nantinya akan dimonetisasi dengan Adsense. Sebelum blog dibangun sebaiknya buatlah perencanaan yang matang sejak awal. Persiapkan topik apa yang nantinya akan Anda bahas di blog tersebut. Yang perlu diperhatikan dalam hal mencari topik ini adalah seberapa besar minat pengunjung atau visitor untuk topik yang dipilih. Bagian ini sangat penting dilakukan untuk memudahkan Anda dalam melakukan optimisasi pada langkah selanjutnya.

6 Cara Penting Perlu Diterapkan Pada Blog Bisnis Online

Tepat Dalam Memilih Topik. Traffic atau pengunjung merupakan nafas hidup utama untuk blog jualan online maupun website yang dimonetisasi dengan Adsense. Jadi pemilihan keyword untuk topik blog yang akan dibuat adalah langkah pertama yang paling penting dan harus direncanakan dengan matang. Karena jika Anda tidak tepat dalam memilih topik, maka kemungkinan blog akan sepi pengunjung sangat besar. Oleh sebab itu lakukan survei menggunakan riset keyword untuk mencari kata kunci dan topik terbaik yang paling banyak dicari orang di internet.
Traffic Organik atau Pengunjung alami.  Visitor jenis ini adalah jumlah pengunjung yang datang langsung ke blog Anda dari mesi pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan lainnya. Pengunjung yang merupakan jenis trafik organik inilah yang lebih berpotensi bisa memberikan keuntungan bagi Anda. Agar blog dapat mendatangkan jumlah pengunjung yang lebih banyak dari mesin pencari, ini erat kaitannya dengan kualitas konten yang Anda buat. Konten unik dan tulisan asli (original) yang berkualitas merupakan salah satu faktor yang akan mendatangkan trafik organik. Maka buat dan perbanyak artikel-artikel asli yang bermanfaat bagi pengunjung yang merupakan hasil karya Anda sendiri.
Perhatikan Kuantitas Konten. Diantaranya dalam cara Anda menulis, akan lebih baik jika memperhatikan tata bahasa tulisan yang baku secara umum. Memperhatikan jumlah baris untuk setiap paragraf, ini bagian dari gaya menulis Anda. Sebab ada sebagian pengunjung yang sering merasa kesulitan dalam mencerna maksud dari sebuah tulisan hanya karena jumlah baris dalam setiap paragraf terlalu banyak, atau karena terdapat banyaknya kata yang diulang di dalam paragraf tersebut.
Memperhatikan Kualitas Konten. Cara ini dilakukan lebih kepada meneliti kembali seberapa penting konten dalam sebuah artikel. Kemudian seberapa puas pengunjung terhadap pembahasan dalam konten pada artikel yang Anda sajikan tersebut. Tulisan yang mudah dimengerti dan tidak berbelat belit, serta kepuasan pembaca terhadap konten dalam artikel yang dipublikasikan menjadi nilai seberapa besar kualitas konten yang Anda buat. Berbicara soal kepuasan, tentunya berhubungan dengan keuntungan yang di dapatkan oleh pengunjung. Apabila setiap artikel yang disajikan di dalam situs Anda mampu membantu memberikan solusi terbaik sehingga para pembaca merasa puas, itu tandanya artikel yang ditulis berkualitas.
Perhatikan Kenyamanan Visitor. Secara kebetulan mungkin Anda pernah mengunjungi sebuah situs yang penuh dengan iklan. Mungkin juga Anda pernah mencari informasi di internet dan masuk ke sebuah blog yang memberikan informasi palsu, atau isi artikel tersebut bukan informasi yang sedang Anda butuhkan.

  • Seperti apa perasaan Anda saat itu?
  • Apa pendapat Anda ketika membuka sebuah website yang tampilannya penuh dengan iklan dan info palsu?

Jika Anda merasa kecewa dan tidak nyaman, atau bahkan merasa terganggu oleh berbagai iklan yang tampil pada saat membaca artikel di blog tersebut pasti Anda akan segera pergi untuk mencari informasi yang lebih baik di blog lain, demikian juga yang akan terjadi dan dirasakan oleh orang lain saat berkunjung ke blog Anda apabila website hanya dipenuhi dengan iklan dan informasi yang palsu.

Meskipun tujuan Anda memasang iklan di segala tempat sebab berharap agar diantara iklan-iklan tersebut di klik oleh pengunjung, namun jika akibat yang ditimbulkan dengan tampilnya iklan-iklan itu justru membuat rasa tidak nyaman bagi para visitor, maka dapat dipastikan mereka yang datang ke blog Anda tidak akan pernah ingin kembali lagi. Apalagi jika informasi yang diberikan palsu yang bisa membuat pengunjung akhirnya merasa kecewa. Hindari melakukan kegiatan seperti itu.
Memaksimalkan Optimisasi On Page. Cara ini dilakukan sebagai bagian dari Branding dan usaha Anda dalam menyajikan yang terbaik. Setiap orang selalu suka kepada hal-hal yang menarik, karena itu gunakan template yang tampilannya bagus serta menarik, namun tidak menambah berat loading blog. Misalnya dengan memilih template responsive yang SEO friendly dan support untuk semua web browser. Karena memilih template terbaik merupakan salah satu usaha dari optimisasi On Page untuk meningkatkan peringkat blog.

Artikel ini mungkin bisa membantu:
#TEMPLATE BLOGGER RESPONSIVE SEO FRIENDLY

Beberapa hal yang saya sampaikan di atas, itu baru sebagian kecil dari usaha-usaha penting yang perlu dilakukan dalam membangun sebuah blog bisnis online. Kesimpulannya blog jenis apapun yang akan Anda bangun tetap membutuhkan trafik demi kemajuannya. Penting untuk diprioritaskan karena visitor atau jumlah pengunjung yang dapat memberikan keuntungan, mereka semua adalah manusia yang memiliki pemikiran, perasaan, dan juga pendapat berbeda. Konten yang memiliki kuantitas dan berkualitas serta dapat memberikan banyak manfaat bagi para visitor sehingga mereka merasa puas, blog itulah yang nantinya akan berhasil dan mampu memberikan banyak keuntungan bagi pemiliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *