Apa Itu Bitcoin?

bitcoin
Bagi anda yang aktif di bisnis online sebaiknya paham mengenai Bitcoin ini. Bitcoin merupakan sebuah uang dalam jenis elektronik dan mulai di buat sekitar tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Namanya itu dikaitkan juga dengan perangkat lunak sumber terbuka (open source) yang dirancang olehnya. Penggunaanya dilakukan dengan cara jaringan peer-to-peer yang menghubungkan semuanya. Bitcoin ini tidak sama dengan mata uang seperti pada umumnya. Bitcoin ini juga tidak tergantung hanya dengan mempercayai penerbit utama. Untuk pendistribusian Bitcoin ini menggunakan sebuah database yang menyebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi. Untuk proses keamanan transaksi menggunakan kriptografi sebagai fungsi-fungsi keamanan dasar. Contohnya untuk memastikan bahwa bitcoin-bitcoin tersebut hanya dapat dihabiskan oleh pemiliknya, dan tidak diperbolehkan untuk dilakukan lebih dari satu kali.

Desain dari Bitcoin ini mengizinkan untuk kepemilikan tanpa identitas atau yang biasa disebut sebagai (anonymous) serta memperbolehkan hal dalam pemindahan kekayaan. Bitcoin bisa Anda simpan di komputer pribadi dalam bentuk sebuah format file wallet atau bisa juga Anda simpan melalui pihak ketiga seperti sebuah jasa servis wallet. Bitcoin juga bisa di kirim melalui internet kepada siapa saja asalkan memiliki alamat Bitcoin. Hanya saja kekurangan dari bitcoin ini adalah topologi peer-to-peer bitcoin serta kurangnya administrasi tunggal membuat bitcoin ini tidak mungkin dapat dijadikan sebagai sebuah otoritas pemerintahan apapun, untuk memanipulasi nilai dari bitcoin atau hal yang menyebabkan inflasi misalnya dengan memproduksi lebih banyak bitcoin.

Secara Teknis
Secara teknis Bitcoin merupakan sebuah implentasi peer-to-peer dari proposal b-money oleh Wei Dai yang pertama kali di deskripsikan pada tahun 1998 di dalam milis cypherpunks, dan proposal Bitgold oleh Nick Szabo. Kemudian prinsip dari sistem secara umum ini telah di deskripsikan sekitar tahun 2008 oleh Satoshi Nakamoto.

Pengiriman Bitcoin
Seseorang dapat ikut berpatisipasi di dalam jaringan bitcoin jika mempunyai sebuah wallet yang menyimpan beberapa keypair. Keypair kritografi yaitu kunci publik, atau alamat bitcoin, yang bertindak sebagai tujuan akhir (endpoint) mengirim atau menerima untuk semua pembayaran. Kunci pribadi yang terkait hanya memperbolehkan pembayaran dari user itu sendiri. Alamat bitcoin ini  tidak mengandung informasi apapun mengenai sang pemiliknya oleh karena itu maka secara umum tidak dapat mengetahui informasi sang pemilik bitcoin tersebut.

Cara Transaksi Bitcoin
Bitcoin mengandung kunci publik sebagai alamat untuk sang pemilik saat ini. Ketika pengguna 1 mengirim suatu nilai ke pengguna 2, maka pengguna 1 akan melepaskan nilai kepemilikannya dengan menambahkan kunci publik atau alamat 2 ke koin tersebut dan menandatanganinya dengan kunci pribadi miliknyai. Berikutnya ia akan menyiarkan bitcoin ini dalam sebuah pesan yang sesuai, atau yang disebut transaksi, di dalam jaringan peer-to-peer. Kemudian sisa dari node-node jaringan akan menvalidasi tanda tangan kritografi dan jumlah dari transaksi sebelum menerimanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *