Apakah Root Android Perlu Dilakukan?

apa-itu-root-android

Bagi Anda pemilik handphone, smarthphone, atau tablet Android mungkin pernah mendengar atau bahkan sudah tidak asing lagi dengan istilah “Root Android“. Tetapi yang seringkali menjadi pertanyaan paling umum adalah “perlukah root android ini dilakukan pada smarthphone saya?“. Sebelum menjawab pertanyaan tersebut saya ingin menjelaskan terlebih dahulu secara garis besarnya saja apa yang dimasksud dengan root android, dan apa tujuannya.

Root adalah sebuah metode atau suatu cara yang dilakukan agar pengguna atau pemilik Android bisa mendapatkan hak akses penuh ke dalam system android tersebut. Apa tujuannya? Root dilakukan biasanya dengan tujuan untuk memaksimalkan kinerja system pada Android. Misalnya, pada saat Anda membeli Android memori bawaannya hanya 1 Gb, jika kemudian Anda ingin merubah kapasitas memori Android tersebut menjadi 1.5 atau 2 Gb tentu harus mendapatkan hak akses penuh ke dalam system agar bisa merubah ukuran kapasitas memori tersebut. Contoh lain lagi misalnya pada saat anda membeli android, OS bawaannya misal baru menggunakan Android 2.3 Gingerbread, kemudian OS tersebut ingin diganti menjadi Android 4.0 ICE Cream, sementara dari vendor android milik anda tidak menyediakan update untuk versi terbaru, maka cara lain untuk mengganti OS Android tersebut syarat utamanya Android harus di root terlebih dahulu baru bisa diganti dengan custom rom atau OS buatan para pengembang.
Oleh sebab itu maka di lakukanlah sebuah metode yang disebut root android. Pada saat seorang pengguna bisa mendapatkan hak akses penuh ke dalam system android miliknya, maka ia dapat melakukan apa saja untuk merubah, menambah, atau menghapus file-file system yang ada di dalam android. Seperti mengganti OS android bawaan dengan custom rom atau yang disebut OS hasil modifikasi para pengembang diluar vendor asli, tujuannya tentu agar android mampu bekerja secara maksimal sesuai yang diinginkan oleh para pengembang tersebut.

Mungkin Anda perlu membaca artikel ini
# CARA MENGGUNAKAN HP ANDROID AGAR TIDAK LELET DAN HEMAT PULSA

Siapa yang dapat melakukan root android? Pekerjaan membuat metode root biasanya dilakukan oleh para pengembang aplikasi seperti di XDA Developer, atau di Samdroid misalnya. Mereka sebagai para pengembang melakukan berbagai riset guna menguji sampai di mana kinerja maksimal sebuah handphone, smarthphone, atau tablet android. Kemudian hasilnya dibagikan kepada para anggota forum untuk dilakukan uji coba oleh masing-masing anggota yang ingin melakukan percobaan untuk custom rom tersebut. Jadi siapapun bisa melakukan uji coba ini dengan mengikuti cara yang diberikan oleh setiap pengembang, salah satunya seperti yang dilakukan di forum xda developer.
Kembali ke pertanyaan semula tentang ” Apakah secara umum root perlu dilakukan untuk android saya?“, jawabannya “Tidak harus“. Jika anda bukan seorang pengembang aplikasi atau firmware android, sebaiknya hindari untuk melakukan metode root tersebut, sebab memiliki banyak resiko untuk perangkat android Anda. Resiko uji coba root diantaranya dapat menyebabkan HP Android tidak bisa booting secara normal atau (stuck), seperti ketika dinyalakan hanya berhenti di logo saja, bisa juga perangkat android anda menjadi sering restart atau mati, ada kalanya wifi dan kamera tidak dapat berfungsi secara normal, dan masih banyak lagi resiko lainnya.
Root Android biasanya dilakukan oleh mereka yang suka otak atik software HP Android. Dilakukan oleh mereka yang suka dengan uji coba, berani mengambil resiko sebagai pembelajaran untuk mengembangkan sebuah aplikasi atau custom rom. Jadi jika Anda hanya pengguna biasa sebaiknya jangan coba-coba melakukan cara root android ini, kecuali kalau sudah siap menerima segala resiko dan konsekuensinya. Meskipun untuk semua perangkat Android terbaru telah disematkan berbagai teknologi canggih bagi para penggunanya oleh masing-masing vendor Android, namun rasa penasaran bagi para pengembang selalu saja ada untuk terus melakukan uji coba dengan membuat custom rom untuk setiap android keluaran baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *