Benarkah Judul Artikel Berpengaruh Terhadap Trafik?

benarkah-judul-artikel-berpengaruh

Benarkah judul punya pengaruh terhadap trafik dan peringkat blog bagi pembaca maupun search engine? Headline atau judul memiliki pengaruh cukup besar dalam meningkatkan peringkat blog maupun trafik. Alasannya cukup sederhana, ketika menulis sebuah artikel berjam-jam lamanya, dan menurut Anda tulisan tersebut cukup berkualitas namun ternyata akhirnya hanya menjadi penambah banyaknya jumlah posting saja. Tidak sedikit artikel berkualitas yang nasibnya seperti itu, sayang sekali bukan.
Kebanyakan orang akan lebih  tertarik dengan judul posting yang menimbulkan rasa penasaran, aneh, menggelitik, lucu, bahkan yang menyindir. Contoh “Rahasia Mendapatkan Ribuan Trafik Dalam Sehari“, atau “Cara Jitu Menghilangkan Jerawat Gak Pake Lama“. Ketika orang membaca headline seperti itu, maka dalam benaknya akan terbesit pertanyaan dan timbul rasa penasaran untuk membuka dan membaca apa sesungguhnya isi tulisan tersebut.
Tetapi harus diperhatikan juga agar isi konten dengan judul tetap berhubungan dan memberikan penjelasan yang lengkap dan benar. Sebab jika tidak mereka yang membaca akan merasa tertipu oleh judulnya saja, dan jangan berharap di kemudian hari orang-orang tersebut akan berkunjung lagi ke blog Anda. Itulah alasan kenapa dalam setiap promosi produk juga sering dibuat menggunakan judul yang semenarik mungkin, tujuannya adalah membuat siapapun yang membacanya merasa penasaran. Begitu juga dengan artikel, jangan hanya dipersembahkan untuk search engine saja. Namun sajikan juga yang menarik bagi pembaca.
SEO dan mungkin juga referensi akan dibutuhkan dalam membantu meningkatkan peringkat blog. Dengan seo kita bisa memaksimalkan cara apa saja yang dibutuhkan agar setiap tulisan bisa bersaing di mesin pencari, dan dengan optimasi headline atau setiap judul artikel yang menarik membantu kita dalam meningkatkan minat pengunjung serta mempersembahkan konten yang dapat memberikan kepuasan kepada pembaca. Apalah artinya ketika blog berada diperingkat teratas namun setiap kali pengunjung yang datang segera pergi lagi karena merasa  tidak menemukan apa yang mereka cari, atau karena tulisan Anda tidak memberikan solusi yang tepat bagi mereka.
Jadi jangan hanya karena mengejar kewajiban untuk update semata, namun perhatikan juga kebutuhan visitor dan pembaca setia. Selain judul yang menarik, kalimat yang lucu, aneh, bahkan yang menyindir juga berpotensi supaya orang penasaran untuk membaca.  Sepintas ketika membaca judul yang seolah menyindirnya orang mungkin akan marah tetapi juga penasaran untuk terus membaca hingga selesai. Dengan begitu yang tadinya tidak berniat mampir ke blog Anda jadi penasaran saat membaca judulnya.
Setelah diperhatikan ada blog dengan peringkat dan trafik tinggi ternyata bukan karena disumbang artikel-artikelnya yang berkualitas saja, namun optimasi judul yang memang menarik minat pengunjung. Alhasil trafik setiap hari menuju blognya melimpah. Sebab itu gunakan headline yang bikin orang tertarik dan penasaran, seperti kalimat yang mengandung kata “rahasia, jitu, wow,benarkah” dan temukan lagi judul-judul fantastik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *