Bonsai Serut Memiliki Nilai Jual Istimewa

bonsai-serut

Bonsai Serut adalah tanaman hias alami yang dikerdilkan menjadi tanaman hias yang terlihat menarik, unik dan sangat menawan. Jika pohon serut sudah berhasil dibuat menjadi tanaman bonsai, maka harga jualnya menjadi sangat tinggi. Bonsai serut dilelang dipasaran dengan kisaran harga antara 2 juta hingga 6 juta rupiah, bahkan untuk model bonsai yang unik dengan usianya yang sudah tua harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Bagi Anda yang suka tanaman hias, mungkin mencoba memelihara bonsai serut akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan.

Pohon serut sebenarnya termasuk tanaman yang hidup di alam bebas. Ciri khas pohon serut yaitu memiliki keunikan tersendiri pada setiap bagian batangnya, serta mempunyai tekstur yang cukup keras. Ukuran daunya yang kecil membuat tanaman serut terlihat sangat eksotik ketika sudah menjadi bonsai serut. Inilah yang menjadi nilai jual bonsai serut bernilai cukup tinggi di kalangan para penggemar tanaman bonsai.

Menjelang musim kemarau adalah saat yang tepat untuk pohon serut menggugurkan daunya. Tetapi proses tersebut tidak berlangsung lama hanya sekitar 7 hingga 9 hari. Setelah itu daun-daun muda akan segera tumbuh kembali. Selain keunikan pada setiap batang pohon serut dan bentuk daunnya yang kecil, bonsai serut juga mampu bertahan hingga berumur ratusan tahun. Karena pada kenyataanya di alam bebas pohon serut hampir sejenis dengan pohon beringin yang umurnya bisa bertahan sangat lama.

Cara membudidayakan pohon serut tergolong cukup mudah. Serut bisa dikembangbiakan dengan cara di cangkok, stek, maupun dari tunasnya. Hanya perlu sedikit hati-hati jika mengembangbiakan serut dari tunas, sebab pohon ini termasuk tanaman yang cukup peka terhadap pemotongan akar. Jangan memotong semua bagian akar pada waktu yang bersamaan. Lakukan pemotongan akar dengan dua tahap, potong beberapa bagian akar saja pada tahap pertama lalu timbun kembali dengan tanah biarkan kurang lebih selama 2 bulan.

Setelah itu kemudian pada tahap kedua baru Anda potong semua bagian akar tunas yang masih menempel ke pohon induk, lalu pindahkan terlebih dahulu ke dalam pot yang berukuran besar untuk sementara waktu, hal ini bertujuan agar pertumbuha akar pohon bisa berjalan dengan baik. Jika akar pada tunas baru sudah dapat tumbuh dengan baik, cabang dan ranting juga sudah berkembang dengan sempurna baru calon bonsai serut dipindahkan ke dalam pot yang berukuran kecil sesuai keinginan.

Pada masa perkembangan dan pembentukan agar tanaman dapat tumbuh dengan sehat, disarankan untuk menggunakan jenis tanah gunung yang telah dicampur dengan pupuk kandang dan humus sebagai medianya. Hal ini dimaksudkan agar pertumbuhan cabang dan ranting sempurna. Secara alami tanaman jenis serut dapat tumbuh dengan baik ditempat yang mendapat sinar matahari secara penuh. Karena itu bonsai serut harus ditempatkan di area yang mendapat sinar matahari dengan baik agar dapat tumbuh dengan sehat.
Sebab jika tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup, pertumbuhan bonsai serut akan jelek. Daunya bisa tumbuh besar dan cabang pohon serta ranting bisa panjang, tentunya tekstur bonsai serut nantinya akan terlihat menjadi tidak menarik. Penyiraman tanaman bonsai serut harus dilakukan setiap hari terutama dimusim kemarau untuk menjaga keseimbangan pertumbuhannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *