Cara Download Video Youtube Tanpa Software Mudah Dan Praktis

cara-download-video-youtube-tanpa-software

Cara download video Youtube tanpa software paling mudah dan praktis. Bagi para penggemar video, tentunya mengkoleksi berbagai tontonan menarik merupakan kegiatan yang secara rutin dilakukan. Banyak sekali cara mendownload video dari internet, salah satunya adalah mendownload berbagai video lucu, unik, menarik dari Youtube.

Untuk sebagian orang, cara mendowload video Youtube bukanlah pekerjaan yang sulit. Namun bagi sebagian mereka yang belum terbiasa atau tidak tahu bagaimana cara mendownload video dari youtube, pastinya akan merasa kesulitan dibuatnya, karena saat membuka video yang ingin di download pada antar muka Youtube memang tidak tersedia menu ataupun tombol pilihan untuk mendownload.
Ada beberapa alasan tentunya yang membuat pihak pengelola Youtube tidak memberikan fitur khusus bagi para penggunanya supaya bisa mendownload setiap video yang di tampilkan. Salah satu penyebab yang menjadi alasannya adalah untuk menghindari pelanggaran hak cipta. Sebab tidak semua video yang di upload ke youtube.com dapat dengan bebas di unduh lalu disebarluaskan oleh siapa saja.
Tetapi meskipun begitu, masih ada cara lain yang dapat membantu Anda supaya tetap bisa mendownload video dari youtube dengan mudah, yaitu dengan menginstall Add-ons pada browser yang digunakan. Jika Anda memakai browser Mozilla Firefox, silahkan download dan install pengaya atau Add-ons gratis yaitu Downloadhelper. Add-ons DownloadHelper ini bisa membantu memudahkan Anda yang ingin mendownload video apapun dari Youtube. Bagimana caranya simak petunjuk lengkapnya berikut ini.

  • Buka Browser Mozilla Firefok
  • Pada menu Tools pilih Add-ons 
  • Di kotak pencarian ketikan downloadhelper
cara-download-video-youtube
  • Setelah tampil Add-ons DownloadHelper, selanjutnya klik Install. Tunggu hingga proses pemasangan selesai, jika sudah anda diharuskan restart browser, silahkan klik Restart now.
cara-download-video-youtube
  • Setelah berhasil menginstall Add-0ns DownloadHelper di browser Anda akan ditambahkan tombol menu download dengan simbol Circle yang letaknya di kanan atas browser. Logo circle tersebut akan berputar dan berwarna setiap kali Anda membuka file video di browser, seperti di youtube.
cara-download-video-youtube
  • Kemudian buka Youtube, cari video mana yang ingin di download. Sebagai contoh lihat gambar penjelas berikut.

cara-download-video-youtube

  • Ketika video yang ingin di download sudah terbuka, klik tanda panah kecil yang ada disamping tombol Circle. Maka akan ditampilkan beberapa pilihan format video yang bisa di download, seperti flv, 3gp, dan mp4.
  • Lalu pilih dan klik salah satunya, kemudian pada menu yang tampil pilih Download.
  • Tunggu hingga proses pengunduhan file video tersebut selesai.

Gampang bukan? Cara download video youtube tanpa harus menggunakan software khusus dan menginstallnya di komputer. Sebetulnya memang bisa saja download menggunakan IDM (Internet Download Manager), namun terkadang ada beberapa video youtube yang juga tidak selalu bisa di download menggunakan IDM. Jadi menggunakan Add-ons DownloadHelper ini, pilihan mudah yang lebih gampang dan praktis yang bisa membantu Anda mendownload video youtube.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *