Cara Membuat Blog Dan Apa Tujuannya

cara-membuat-blog

Cara membuat blog bisa dibilang susah-susah mudah. Sebelum membuat blog perlu dipikirkan dulu apa tujuannya. Apakah karena ingin mencoba belajar, hanya sekedar iseng ikut-ikutan, atau memang sudah serius ingin mencoba terjun ke dunia blogger? Jika tujuan Anda membuat blog sebab ingin belajar, atau cuma iseng coba-coba saja, caranya gampang tinggal bikin aja blog. Soal nanti mau bagaimana gak usah dipikirin, toh namanya juga memang lagi belajar. Tetapi jika tujuan Anda membuat blog karena berniat serius ingin menggeluti dunia blogging, tentu ada beberapa hal dan tahapan penting yang sejak awal harus direncanakan dengan baik.

Blog yang dibuat dengan tujuan agar bisa memberikan penghasilan, tentu harus dibangun dengan semangat dan penuh inspirasi. Tidak berbeda jauh seperti Anda membuka sebuah toko di dunia nyata. Bedanya kalau toko harus diisi dengan barang dagangan, sedangkan blog harus diisi dengan artikel berupa tulisan tangan ditambah gambar penjelas bila perlu. Jadi sejak Anda memilih untuk menekuni aktifitas di dunia blogging, harus dipersiapkan semangat untuk selalu tekun menulis dan menulis. Sebab kalau malas menulis, saya jamin Anda hanya akan berhenti ditengah jalan, lama-kelamaan akan merasa bosan dan akhirnya ditinggalkan.
Singkatnya dengan memilih menjadi seorang blogger, Anda harus siap dan menguasai cara berkomunikasi yang baik dengan orang-orang di internet melalui bahasa tulisan. Apabila selama ini Anda hanya pandai berbicara, mulai sekarang harus belajar supaya pandai menulis. Jadi persiapkan mentalnya sejak dini, sebab saingan Anda di dunia blogger ini jumlahnya jutaan orang, sama saja seperti bersaing bisnis di dunia nyata. Jadi jangan dikira dengan membuat blog, adalah cara mudah untuk mendapatkan uang dari internet. Setelah siap dengan niat yang kuat silahkan memulainya, berawal dari mencari topik apa yang ingin Anda jual di blog yang akan Anda bangun tersebut.
Saya lebih menyarankan untuk memilih topik yang banyak dicari orang di internet, tetapi yang sesuai dengan hobi dan keahlian Anda saat ini. Tujuannya supaya tidak terlalu kesulitan saat mulai menulis artikel demi artikel apabila topik yang dibahas dalam tulisan adalah hal yang Anda kuasai. Karena kalau Anda hobi, biasanya paling tidak mengetahui tentang hal tersebut. Ada yang mengatakan bahwa referensi tidak diperlukan, tetapi saya kurang setuju dengan pendapat tersebut. Apapun ilmu atau wawasan yang kita ketahui saat ini, semua itu didapatkan dari orang lain bukan?

Anda juga perlu membaca artikel yang ini:
#BAGAIMANA CARA MENJADI BLOGGER SUKSES
#CARA MEMBUAT BLOG KEREN BERKUALITAS

Jelas kita butuh orang-orang di diluar sana jika ingin lebih maju, sebab selalu ada orang yang lebih cerdas dan lebih baik dari kita dalam cara membuat blog yang lebih berkualitas. Referensi dibutuhkan untuk memperkaya ide yang nantinya akan memperluasa ilmu, wawasan dan pengalaman Anda dalam hal menulis serta membuat blog. Karena mencari referensi bukan berarti Anda harus meniru atau menyalin hasil karya orang lain, tetapi mencari ide dan kemudian mengembangkannya dengan lebih kreatif, kalau bisa ya harus lebih baik. Referensi dibutuhkan agar Anda mengetahui bagaimana cara orang lain bekerja hingga ia bisa berhasil dan  mencapai sukses, toh untuk bisa meraih kesuksesan dalam hal apapun, Anda harus banyak belajar dari orang yang sudah lebih dulu sukses bukan?
Buatlah blog yang kaya akan ide-ide kreatif agar bermanfaat bagi siapapun yang berkunjung dan membaca setiap tulisan di website Anda. Tulis artikel-artikel yang tak lekang dimakan waktu, carilah topik yang selalu banyak dicari orang melalui internet kapan saja tanpa mengenal sedang trend atau tidak. Sebab jika postingan Anda hanya berisi topik-topik yang sedang trend saat ini, nanti dikemudian hari tulisan-tulisan tersebut mungkin tidak akan ada lagi orang yang mencarinya di internet. Sebaiknya gunakan research keyword untuk setiap topik yang akan Anda tulis, supaya nantinya mampu bersaing di mesin pencari dengan blog lain. Teruslah menulis dan menulis, jangan berhenti belajar serta bersemangat. Berusahalan untuk selalu kreatif dalam mengembangkan karya-karya tulisan Anda, jangan lupa berdo’a karena Tuhan selalu ikut berperan dalam keberhasilan sesorang, semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *