Cara Membuat Blog Yang Keren Berkualitas

cara-membuat-blog-keren

Cara membuat blog yang keren dan berkualitas. Berbicara soal kualitas blog berarti membahas mengenai tingkat baik dan buruknya konten yang dimiliki blog tersebut. Tentu saja hal ini sangat erat kaitannya dengan konsep dan teknik dalam membangun blog itu sendiri. Blog yang berkualitas memiliki banyak konten yang bermanfaat dan memberikan solusi bagi para pengunjungnya.

Bermanfaat yang dimaksud adalah pada setiap konten atau artikel yang dipublikasikan mampu memberikan solusi tepat untuk setiap permasalahan yang sedang dihadapi para pengunjung blog. Tulisan yang mudah dipahami serta konsep dalam menjelaskan mudah dimengerti oleh para pembaca, sehingga orang merasa puas dengan teknik yang Anda berikan untuk memecahkan sebuah permasalahan. Jika Anda blogger pemula penting untuk setting mindset dalam hal membangun blog atau website. Saya ingin mengatakan ini karena ternyata masih banyak blogger yang beranggapan bahwa dengan membuat blog hari ini uang bisa mengalir bulan depan, dan itu tidak benar.
Membuat sebuah blog sama saja seperti kita membuka sebuah kios baru di pasar, jika kios baru saja dibangun mungkin isinya juga masih sedikit dan tentunya belum banyak orang mengenal kios tersebut. Akan dibutuhkan waktu dan proses agar kios baru memiliki banyak pengunjung dan pelanggan. Diperlukan teknik promosi supaya kios lebih cepat dikenal banyak orang, dan tentunya dibutuhkan usaha untuk membangun kepercayaan bahwa kios baru tersebut memang menyediakan barang yang berkualitas bagi para pelanggan dan pembelinya. Jadi dalam proses agar kios semakin terkenal dan banyak pelanggan membutuhkan waktu yang tidak sedikit, perbaikan pada beberapa hal tentunya harus dilakukan seiring kebutuhan yang diperlukan agar kualitas semua barang di kios tersebut semakin lebih baik. Begitu juga dalam hal membangun sebuah blog atau website, diperlukan berbagai teknik dan konsep yang benar.

Teknik dan Konsep Membuat Blog Keren Berkualitas

  • Memilih template blog yang SEO Friendly dan Responsive. Loading template mempengaruhi bounce rate sebuah blog, dan template SEO Friendly biasanya memiliki kecepatan loading yang lebih baik dari template biasa, sedangkan Template Responsive dapat meningkatkan page piew serta konversi web melalui perangkat mobile seperti Smarthphone dan Tablet.
  • Teknik yang baik dalam menulis artikel seperti tidak berbelit-belit dalam menjelaskan cara yang ingin disampaikan kepada pembaca supaya lebih mudah dimengerti.
  • Melakukan riset kata kunci untuk setiap topik dan judul tulisan yang akan dipublikasikan. Riset kata kunci diperlukan agar Anda bisa mengetahui topik apa saja yang sedang trend atau paling banyak dicari orang melalui internet.
  • Aktif dalam melakukan promosi blog di berbagai media sosial, forum atau berpromosi secara offline.
  • Pahami apa yang anda sukai, karena dengan memilih topik yang disukai atau hobby akan lebih memudahkan Anda dalam menulis setiap artikel untuk topik tersebut.
  • Lakukan Blogwalking untuk sekedar mencari referensi dari web yang lebih profesional. Lihat cara mereka dalam menulis setiap artikelnya, perhatikan bagaimana konsep dan teknik mereka dalam membangun blog tersebut.
  • Kreatif dalam mencari ide untuk dibuat menjadi sebuah tulisan yang bermanfaat bagi banyak orang yang berkunjung ke blog Anda.

Teknik dan konsep di atas itu baru sebagian saja, karena masih banyak sekali teknik lainnya yang harus dipelajari dalam membuat blog yang keren dan berkualitas. Hal terpenting yang ingin saya tekankan di dalam tulisan kali ini adalah harus dipahami terlebih dahulu bahwa untuk bisa menciptakan sebuah blog berkualitas akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan memerlukan semangat serta kerja keras yang tidak sedikit.
Sebab jika anda berpikir bahwa dengan membuat blog adalah cara cepat dalam menghasilan uang, saya yakin nantinya Anda akan kecewa, sebab proses dalam meningkatkan peringkat blog saja itu membutuhkan waktu yang tidak singkat, belum lagi dengan pekerjaan optimisasi lainnya yang harus dikerjakan secara bertahap. Bahkan dalam kegiatan untuk memonetisasi blog supaya bisa menghasilkan pendapatan setelah blog mendapatkan traffic yang cukup banyak, itupun masih akan menjadi pekerjaan yang cukup panjang dalam prosesnya nanti hingga blog betul-betul bisa memberikan penghasilan yang maksimal.
Kesimpulan: Untuk dapat membuat blog yang keren dan berkualitas akan dibutuhkan waktu dalam prosesnya hingga berhasil, dan tidak bisa dicapai dalam waktu yang singkat. Kemauan untuk selalu belajar memperbaiki dan berbagi penting dimiliki seorang blogger. Oleh sebab itu sangat diperlukan niat kuat dan semangat yang tinggi jika ingin mulai menjadi seorang blogger, sebab kerja keras yang harus dilakukan di dunia online tidak jauh berbeda dengan semangat yang harus Anda miliki seperti bekerja di dunia offline. Artinya jika anda gagal sukses di dunia offline karena malas, maka di dunia online juga kemalasan tidak akan bisa membuat seorang blogger bisa sukses dalam membuat blog keren yang berkualitas.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *