Cara Mengatasi Kinerja Komputer Yang Lambat

komputer-lelet
Mengatasi komputer yang lambat sebetulnya bisa menggunakan banyak cara. Salah satunya dengan memanpaatkan bantuan software CCleaner. Cara kerja program ini diantaranya yaitu membersihkan temporary internet file, history browser, cache dan cookies di komputer yang digunakan. Pada saat kita berselancar internet semua data disimpan sementara di folder temporary dan beberapa website menggunakan cache untuk kepentingan tertentu di komputer kita ketika Anda membuka situs tersebut. Begitu juga dengan software yang digunakan di komputer, selalu menggunakan thumbnail cache, recent documents, clipboard, temporary file dan recycle bin.
Sehingga semakin lama kinerja komputer akan menjadi terasa berat dan lambat sebab folder-folder yang dijelaskan tadi akan semakin penuh dengan file yang sudah tidak digunakan lagi. Seharusnya pengguna membersihkannya secara rutin agar kinerja komputer menjadi ringan. Namun entah karena tidak mengetahui cara kerja komputer seperti itu, atau mungkin sebab malas melakukannya sehingga semakin lama tanpa disadari kinerja komputer jadi lambat atau lelet.
Penyebab lain yang menjadikan komputer anda semakin lambat karena terlalu banyak program atau software yang diinstall. Untuk itu sebaiknya perhatikan kapasitas penyimpanan data seperti Hardisk kecepatan Prosesor, dan juga RAM. Sebab ketiga komponen tersebut jelas sangat mempengaruhi kinerja komputer. Program terbaru biasanya membutuhkan ruang dan memori cukup besar, jika banyak software baru yang diinstall namun ternyata tidak seimbang dengan spesifikasi komputer yang digunakan maka kinerja PC, Laptop, dan Notebook Anda akan semakin lambat dan berat.
Cara mengatasi hal tersebut bisa menggunakan bantuan program CCleaner. Ini dapat memudahkan pengguna untuk membersihkan temporary file, history, cache, thumbnail, log, dan recycle bin dengan sekaligus di komputer yang kinerjanya terasa berat. Selain menghemat waktu cara ini termasuk langkah praktis sebab kita tidak perlu melakukan pekerjaan pembersihan komputer secara manual satu persatu.
ccleaner

Namun tentunya pekerjaan membersihkan komputer dari file-file sampah yang sudah tidak digunakan ini harus dilakukan secara rutin. Sebab selama komputer terus digunakan maka file-file yang tadi telah dihapus tetap akan terus bertambah. Kemudian periksa kembali semua program yang diinstall, buang beberapa software yang jarang digunakan atau bahkan tidak pernah dipakai, sebab program-program tersebut tetap akan menggunakan sebagian dari kapasitas memori komputer. Sebaiknya hanya menginstall software yang penting saja dan paling sering digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *