Cara Mengatasi Komputer Lelet Dengan Flashdisk

flashdisk-for-readyboost
Bagi rekan blogger yang melakukan aktifitas inet entah itu menggunakan komputer biasa, Laptop maupun Notebook mungkin diantaranya ada yang merasakan kinerja komputer sangat lelet. Tentu hal ini akan membuat Anda kadang merasa kesal sekali. Bagaimana mungkin pekerjaan bisa menjadi lebih cepat jika komputer yang digunakan kinerjanya sangat lambat.
Sebetulnya banyak faktor yang menjadikan komputer, Laptop atau Notebook menjadi lelet atau lambat. Ketika pertamakali Anda membeli Laptop misalnya, kinerjanya bagus, cepat dan menyenangkan. Tetapi lama kelamaan kinerjanya semakin lambat, bahkan ada kalanya saat dihidupkan hingga bisa digunakan harus menunggu beberapa saat karena loadingnya sangat lambat. Hal ini bisa saja terjadi sebab terlalu banyak software terinstall di komputer Anda. Jika terdapat banyak program yang tidak digunakan di komputer Anda sebaiknya hapus program-program yang tidak penting tersebut sebab hanya akan mengurangi memori, apalagi jika setiap program tidak penting tersebut selalu di loading saat startup.
Faktor lain yang dapat menjadikan kinerja komputer menjadi lambat adalah terlalu banyak file sampah yang tidak dibersihkan, baik itu yang ada di dalam cache, temporary, ataupun pada history. Setiap kali Anda bekerja dengan sebuah program tentu akan menggunakan cache atau temporary, begitu juga setiap kali anda bekerja menggunakan browser. Saat internetan file-file sementara seperti gambar, url, teks, tersebut di simpan pada cache komputer dan aktifitas jelajah juga akan tersimpan pada history. Untuk itu sebaiknya setiap kali Anda selesai bekerja menggunakan komputer sebelum dimatikan hapus semua file-file sampah tersebut. Jika merasa kesulitan untuk melakukan proses ini secara manual, bisa menggunakan software Cleaning seperti CCleaner misalnya. Software tersebut bisa membantu Anda secara otomatis untuk membersihkan semua file sampah yang terdapat pada temporary, cache atau history, dan recyclebin. Cukup buka program tersebut dan klik “Run Cleaner “ lalu “ clean “, dan biarkan software tersebut bekerja membersihkan komputer Anda hingga selesai.
Jika ingin menggunakan Program CCleaner bisa Anda download secara gratis, sebab software ini merupakan program dengan lisensi freeware. Silahkan download CCleaner pada link berikut.
Namun jika dengan menggunakan bantuan software tersebut kinerja komputer masih saja lelet mungkin memori RAM yang dibutuhkan terlalu kecil dan harus ditambahkan lagi. Sebenarnya cara paling baik jika memori kurang adalah dengan membeli RAM, DDR yang baru kemudian dipasang pada komputer Anda sehingga memorinya bertambah besar. Misalnya yang awalnya hanya 1GB ditambah menjadi 2GB. Harga memori RAM 2GB yang bermerk dengan kualitas paling bagus harganya memang cukup mahal, ada dikisaran antara 170 s/d 250 ribu bahkan ada yang lebih mahal.  Jika belum memiliki dana untuk itu ada cara lain untuk menambah memori yaitu dengan menggunakan flashdisk. Bisakan Flashdisk dijadikan sebagai memori tambahan? Jawabannya tentu bisa, sebab saya tidak akan menulis artikel ini jika saya sendiri belum mencobanya.

Cara Menambahkan Flashdisk Menjadi Memori Tambahan

Tidak semua Flasdisk bisa dijadikan sebagai memori tambahan pada komputer, Anda harus memiliki flashdisk dengan kecepatan baca yang cukup tinggi. Contohnya merek Kingstone seri DT HyperX, Toshiba seri Trans Memory EX, Sandisk seri Extreme, Buffalo Usb, Sony. Sebetulnya masih banyak lagiyang jelas pastikan kalau bisa pilih atau beli flashdisk yang memiliki kecepatan write (baca) di atas 80/100 MB/Second. Sebab jika kecepatan baca dari flashdisk yang akan digunakan kecil otomastis saat dipake tidak akan support untuk ReadyBoost.
Namun cara ini bisa digunakan untuk windows 7 ke atas. Jika sudah punya flashdisk yang sesuai untuk readyboost caranya sangat mudah. Cukup colokkan Flashdisk ke komputer, Laptop atau Notebook, kemudian klik kanan pada drive Flasdisk tersebut lalu pada menu pilih “Readyboost“. Maka akan tampil beberapa pilihan. Jika ingin menggunakan semua kapsitas flashdisk sebagai memori tambahan maka pilih pada bagian ” Dedicate this device to readyboost” kemudian klik Apply atau OK. Maka secara otomatis flashdisk akan berfungsi sebagai memori tambahan.

flashdisk-untuk-readyboost
Ciri flashdisk siap digunakan menjadi redyboost adalah warna drive tersebut akan berubah menjadi merah. jika sebelumnya berwarna biru. Flashdisk yang digunakan minimal 2 giga, dan memori tambahan dengan readyboost ini maksimal hanya bisa hingga 4 GB. Jadi jika Anda menggunakan Flashdisk yang 8 Gb tetap saja yang akan terpakai untuk readyboost hanya sampai 4GB. Sebetulnya ada 2 pilihan yang bisa anda gunakan, apakah ingin memakai flashdisk hanya untuk memori tambahan saja, atau juga sebagai memory tambahan dan bisa digunakan untuk bekerja seperti biasa untuk menyimpan data. Tinggal pilih “Use this device” atau “Dedicated this device”. Bagimana mudah bukan? semoga tips cara mengatasi komputer yang lelet dengan menambahkan flashdisk sebagai pengganti RAM ini dapat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *