Cara Menggunakan Handphone Android Terbaru Agar Tidak Lelet dan Hemat Pulsa

handphone-android-terbaru

Handphone Android kini sudah semakin sangat dikenal oleh kalangan masyarakat banyak. Sejak peluncuran perdananya sekitar Agustus 2008 oleh Google, sampai saat ini perkembangan handphone dengan system Android semakin pesat. Apa itu Android? Android adalah sebuah system operasi terbaru yang digunakan untuk mengoperasikan sebuah handphone, sebetulnya ini adalah porting dari sytem Linux yang dipangkas sehingga menjadi sebuah system operasi baru yang dapat digunakan untuk handphone. Artinya akar dari system Android berawal dari Linux. Namun di sini saya tidak akan membahas mengenai itu secara detail.
Dengan semakin pesatnya perkembangan Android, hampir semua vendor ponsel pintar mengadopsi OS ini, seperti Samsung, Sony, Htc, Vendor Handphone Cina, bahkan Nokia yang tadinya tidak akan menggunakan system inipun akhirnya tahun kemarin merilis hanphone terbaru Android. Karena banyak sekali ponsel pintar di jajaran papan atas yang dikeluarkan oleh semua vendor handphone yang sudah terkenal, secara otomatis banyak kalangan masyarakat yang kemudian mulai beralih menggunakan handphone Android. Tetapi tahukan Anda apa kendala yang paling sering ditemui oleh para pengguna handphone Android ini? Kebanyakan dari pengguna yang tadinya tidak terbiasa menggunakan komputer, mungkin akan sedikit dikagetkan sebab kebanyakan dari aplikasi Android ini tidak memiliki menu khusu untuk menutup, exit atau untuk keluar dari aplikasi yang sudah dibuka atau digunakan.
Sehingga jika ingin menutup sebuah aplikasi yang telah dibuka pada ponsel Android, maka Anda hanya bisa menekan tombol back atau langsung menekan tombol home. Tetapi dengan cara tersebut sebetulnya Anda tidak menutup aplikasi itu, meskipun kelihatannya sudah keluar sebab aplikasi tersebut sebetulnya tetap terbuka di belakang system. Apa kendalanya? Semakin banyak aplikasi yang anda buka maka maka akan semakin banyak juga aplikasi yang berjalan dibelakang system, dan hal ini tentunya akan membuat kinerja handphone Android terasa semakin berat atau lelet istilahnya. Inilah yang kebanyakan tidak diketahui oleh para pengguna handphone Android. Sehingga tidak sedikit yang akhirnya mengeluh sebab kinerja ponsel mereka menjadi berat sekali.
Bagimana mengatasinya handphone Android yang lelet, lambat, atau lemot? Buat yang tidak ingin repot utak atik di pengaturan, Anda hanya perlu menginstall manager aplikasi untuk handphone Android, dengan aplikasi tersebut maka Anda bisa melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan dibelakang system, kemudian bisa menutup semua aplikasi-aplikasi tersebut. Dengan app manager itu Anda juga bisa membersihkan cache, history browser dll, agar kinerja handphone Android kembali ringan. Meskipun pada Android keluaran terbaru telah banyak disematkan teknologi untuk mengatasi hal ini, namun tetap saja tidak dapat mengatasi semua aplikasi yang tetap berjalan di belakang system. Meskipun seolah tidak terasa berat itu karena handphone Android keluaran terbaru lebih banyak yang menggunakan ram atau memory yang besar, sehingga mampu bekerja lebih baik meskipun dengan banyaknya aplikasi yang terbuka.
Akan lebih baik lagi untuk meningkatkan kinerja Android, disarankan Anda menginstall manager aplikasi agar dapat memonitor setiap app yang tidak dibutuhkan untuk ditutup, agar lebih menghemat memori. Kendala lainnya adalah tentang koneksi internet, sekali Anda menghidupkan koneksi internet di handphone Android maka secara otomatis juga semua aplikasi yang terhubung ke jaringan internet dengan sendirinya akan terkoneksi. Bahkan sebetulnya hampir semua aplikasi selalu terhubung ke internet, terbukti jika pengembang aplikasi tersebut mengeluarkan update terbaru maka secara otomatis ponsel pintar android anda akan mendownload dan menginstal update untuk aplikasi itu. Yang sering menjadi persoalannya adalah pengguna yang tidak mengetahui hal ini seolah merasa kecolongan ketika handphone Android yang digunakan ternyata boros pulsa, padahal ia tidak merasa menggunakan ponselnya untuk internetan. 
Bagimana mengatasi handphone Android yang boros pulsa? Buat anak muda saya rasa cukup mudah, Anda tinggal masuk ke Play Store atau market app yang telah tersedia di semua handphone Android, kemudian klik My App. Hilangkan ceklis pada semua aplikasi yang sudah terinstall untuk melakukan update secara otomatis. Bagi Anda yang merasa rumit dengan pengaturan ini cukup menghidupkan koneksi Internet hanya jika akan digunakan saja, setelah itu matikan kembali, karena jika tidak maka pulsa Anda akan boros. Kecuali untuk mereka yang berlangganan internet membeli paket bulanan, tetapi tetap saja jika setiap harinya terkoneksi dan menghabiskan banyak mega byte tentu juga bisa menghabiskan quota bulanan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *