Cara Mengkilapkan Batu Akik Dengan Serbuk Intan

cara-mengkilapkan-batu-akik-dengan-serbuk-intan

Cara mengkilapkan batu akik dengan serbuk intan adalah proses yang paling mudah dan cepat bagi pemula. Demam batu akik terjadi hampir diseluruh pelosok negeri ini, bahkan tidak sedikit orang yang rela meninggalkan pekerjaan lamanya dan beralih profesi menjadi pengerajin batu akik. Alasannya sangat masuk akal, karena pendapatan sebagai pengerajin jasa pembuatan batu akik untuk saat ini memang cukup menjanjikan.

Rata-rata ongkos yang harus dibayar untuk mengerjakan sebuah batu akik dipasaran Rp.25.000 rupiah. Jika satu hari pengerajin bisa menyelesaikan 6 buah saja, maka penghasilan yang diperoleh sebesar Rp.150.000, jumlah yang cukup lumayan apalagi bagi masyarakat di daerah.
Dari penelusuran yang saya amati selama ini, untuk pengerajin pemula yang menggunakan alat sederhana, kendala yang ditemukan sewaktu mengerjakan pembuatan batu akik salah satunya adalah pada pekerjaan terakhir yaitu proses mengkilapkan batu akik tersebut. Tidak jarang pengerajin merasa kesulitan untuk membuat batu akik menjadi sangat mengkilap.
Minimnya pengalaman bagi mereka yang mencoba terjun menjadi pengerajin batu akik dadakan ini, menjadi salah satu kendala ketika menemui masalah seperti sulitnya menemukan cara mengkilapkan batu akik yang cepat dan mudah. Sebetulnya tekstur kepadatan dan kekerasan batu menjadi salah satu penyebab sulitnya batu akik mengkilap. Batu yang sangat keras cenderung lebih mudah untuk dibuat menjadi mengkilap, sebaliknya batu yang tidak terlalu keras atau rapuh akan semakin sulit untuk bisa dibuat menjadi mengkilap.

Baca juga artikel terkait tentang jenis batu termahal asli Indonesia:
#BATU AKIK TERMAHAL DAN TERKENAL ASLI INDONESIA

Selain itu yang menjadi kunci utama cara mengkilapkan batu akik adalah pada proses mengamplas batu tersebut. Pastikan pada saat diamplas seluruh permukaan batu sudah rata. Jika memungkinkan gunakan 3 kali proses mengamplas batu dengan amplas yang berbeda. Misalnya terlebih dahulu pakai amplas nomor 150, lalu proses yang kedua gunakan amplas nomor 2000, dan terakhir gunakan amplas nomor 5000. Biasanya amplas-amplas tersebut bisa dibeli di toko besi terdekat. Seharusnya dengan tiga proses tersebut batu akik sudah bisa mengkilap. Cara lain setelah di amplas banyak orang yang menggunakan bambu untuk mengkilapkan batu akik, namun proses tersebut tergolong membutuhkan waktu yang lumayan lama.
Karena itu saya ingin menjelaskan cara yang praktis. Jika kesulitan untuk mendapatkan amplas dengan nomor tersebut di atas, maka cara praktis untuk mengkilapkan batu akik bisa menggunakan 2 tahap saja. Proses yang pertama setelah batu dibentuk dengan sempurna sesuai keinginan lalu gunakan amplas kasar nomor 150, namun hal yang harus diperhatikan betul adalah pastikan permukaan batu akik diamplas seluruhnya hingga rata, usahakan tidak terdapat lagi goresan bekas gerinda. Selanjutnya gunakan serbuk intan asli. Hati-hati saat membeli serbuk intan, karena dipasaran banyak dijual yang palsu. Simak cara praktis mengkilapkan batu akik berikut ini.
  • Setelah batu dibentuk sempurna, kemudian pastikan seluruh permukaan batu akik sudah diamplas hingga rata.
mengkilapkan-batu-akik-dengan-serbuk-intan

  • Selanjutnya siapkan serbuk intan asli untuk proses berikutnya. Pastikan membeli yang asli, sebab jika tidak batu akik tidak akan bisa dengan mudah mengkilap.

serbuk-intan

  • Caranya sangat mudah, batu yang telah disiapkan tinggal digogokkan berulang kali secara perlahan pada serbuk intan. Untuk membuat batu mengkilap dengan sempurna lakukan proses menggosok hingga seluruh permukaan batu.
cara-mengkilapkan-batu-akik-dengan-serbuk-intan
    • Jika perlu dan dirasa batu masih belum mengkilap dengan baik, ulangi proses penggosokan hingga anda mendapatkan hasil yang memuaskan.
    cara-mengkilapkan-batu-akik-dengan-serbuk-intan
    mengkilapkan-batu-akik-dengan-serbuk-intan

    Jenis serbuk intan yang dijual eceran dipasaran harganya cukup murah, yaitu Rp. 10.000 per bungkus. Ada juga yang dijual per botol dan dibandrol dengan harga sekitar Rp. 150.000 rupiah per pcs.

      Leave a Reply

      Your email address will not be published. Required fields are marked *