Cara Mengunci Flashdisk Tanpa Software

cara-mengunci-flashdisk

Cara mengunci Flashdisk tanpa software praktis dan aman. Flashdisk merupakan pilihan tepat untuk menyimpan atau backup data penting selain pada hardisk ataupun DVD. Selain untuk menyimpan file penting yang berhubungan dengan pekerjaan, flashdisk juga bisa digunakan untuk menyimpan backup software, photo, lagu dan video. Mungkin ada saatnya Anda ingin memproteksi flasdisk supaya orang lain tidak menyalahgunakan data-data penting milik Anda yang ada di dalam flashdisk tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengunci Flashdisk atau proteksi flashdisk agar aman, termasuk menggunakan sofware. Namun kali ini saya ingin memberikan cara praktis mengunci flashdisk tanpa software. Tetapi cara ini bisa digunakan pada windows 7 atau pada versi yang di atasnya. Bit Locker adalah sebuah aplikasi security yang sebetulnya telah tersedia di dalam sistem operasi Windows. Dengan Bit Locker inilah kita bisa mengunci flashdisk tanpa menggunakan software khusus.

Baca juga artikel terkait tentang:
#CARA MEMPERBAIKI FLASHDISK TIDAK TERBACA YANG MINTA DI FORMAT

Cara Mengunci Flashdisk Tanpa Software

  • Koneksikan Flashdisk ke Komputer
  • Dari Start Menu klik “search” lalu ketikan “Bitlocker Drive Encryption” dan tekan enter. 
  • Lalu pilih “Bitlocker Drive Encryption“.
cara-mengunci-flashdisk
    • Perhatikan drive usb yang tampil, pilih flashdisk mana yang ingin di proteksi. Selanjutnya Anda klik “Turn on Bitlocker” untuk mengaktifkan password.
    cara-mengunci-flashdisk
    • Di bagian ini Anda bisa menentukan cara enkripsi, bisa menggunakan password, atau smartcad, supaya lebih mudah dan aman pilih “Use a password to unlock the drive
    • Kemudian masukkan kata sandi sesuai keinginan, sebaiknya gunakan password yang mudah diingat. Lalu klik Next untuk melanjutkan ke proses berikutnya.
    cara-mengunci-flashdisk
    • Di tahap ini ada pilihan untuk menyimpan password, gunanya untuk menjaga jika sewaktu-waktu Anda lupa kata sandinya sebaiknya pilih “Save the recovery key to a file” lalu klik Next.
    cara-mengunci-flashdisk
    • Tahap terakhir adalah proses enkripsi atau penguncian flashdisk Anda klik “Start Encryption“, maka proses cara mengunci plashdisk tanpa software selesai.
    cara-mengunci-flashdisk
      Caranya cukup mudah bukan, saya melakukan test dengan cara ini pada windows7 dan berjalan dengan baik. Cara mengunci flashdisk ini mungkin penting dilakukan untuk menjaga kerahasiahan data Anda, seperti passsword account perbankan yang disimpan dalam bentuk file. Dengan menguncinya maka setiap kali Flashdisk dikoneksikan ke komputer akan meminta kata sandi.

      Leave a Reply

      Your email address will not be published. Required fields are marked *