Cara Setting Domain Rumahweb Dengan Domain Blogger Terbaru

Cara Setting Domain Rumahweb Dengan Blogger. Sebagai posting perdana blog ini sengaja saya ingin membahas topik mengenai bagaimana cara mengganti domain blogspot ke domain sendiri dari Rumahweb. Kebetulan karena domain blog ini juga baru, jadi sekalian saja saya buat posting tentang bagimana cara setting domain blogspot ke domain sendiri dari Rumahweb. Hal penting pertama yang harus dikerjakan kalau anda belum punya custom domain di blogger tentu harus membuatnya dulu satu blog di blogspot. Jika sudah punya baru anda mendaftar untuk membeli domain di Rumahweb.com.
Setelah anda mempunyai dua domain, yang satu domain blogspot dan satunya lagi domain yang dibeli dari rumahweb, sekarang saatnya anda mengerjakan setting Add Record DNS untuk melakukan manage domain di rumahweb terlebih dulu. Setting Add Record DNS ini dilakukan untuk sinkronisasi antara kedua domain tersebut supaya bisa digunakan. Caranya silahkan anda login ke situs Rumahweb dengan akun anda. Setelah masuk di Panel Rumahweb kemudian anda klik menu domain, maka akan terbuka halaman domain milik anda.

Selanjutnya silahkan klik Manage Domain. Sengaja saya menggunakan beberapa gambar penjelas, supaya pembaca lebih memahami dan mudah mengerti bagaimana cara melakukan setting antara domain blogspot yang akan diganti dengan domain sendiri yang dibeli dari Rumahweb. Dari Percobaan yang dilakukan penulis sebelum artikel ini ditulis, semuanya berjalan lancar. Ternyata untuk saat ini dengan system yang baru tidak perlu menunggu terlalu lama. Pada saat setting pada kedua domain sudah benar, saat itu juga maka domain baru bisa langung digunakan mengganti domain blogspot.

Berikut Di Bawah Ini Gambar Penjelas Untuk Setting Kedua Domain

  •  Pada halaman pengaturan domainku ini anda akan melakukan Manage Domain.

  • Lalu akan masuk ke halaman Manage Domain. Di halaman inilah anda akan melakukan setting Add Record DNS, caranya yaitu anda klik pada Managemen Tools lalu klik Manage DNS.

  • Berikutnya anda akan masuk di halaman setting Add Record DNS, di sini anda harus melakukan setting Add Record sebanyak 5 kali. Ikuti caranya seperti berikut di bawah ini.
  • Pada kolom Domain isikan: www
  • TTL biarkan defaultnya yaitu :14400
  • Untuk Record Type pilih : A
  • IP or Hostname yang harus anda masukan ada 4 IP yaitu : 216.239.32.21, 216.239.34.21, 216.239.36.21, 216.239.38.21  
  • Jadi anda harus membuat Add Record sebanyak 4 kali untuk ke empat IP Blogger yang berbeda.

    Sampai disini berhenti dulu. kemudian silahkan buka tab baru di browser kemudian login ke akun blogger anda dan lakukan setting untuk memasukan domain sendiri yang dibeli dari Rumahweb ke blogger. Caranya seperti berikut ini.
    • Login ke blogger dengan akun anda
    • Pada Dashboard klik Setelan atau Settings
    • Kemudian klik add acustom domain

    • Pada halaman ini anda akan diberikan 2 kode seperti terlihat pada gambar di bawah. Catatan kode di bawah itu hanya untuk contoh saja, sebab kode yang akan anda dapatkan pasti berbeda.
    1. www  dan  ghs.google.com 
    2. c4ybbfcaxw  dan  gv-y3smhjifghmmk.dv.googlehosted.com
    • Kode itulah yang akan di masukan pada setting Add Record untuk CNAME di setting Manage DNS Rumahweb. Penting! Pada setting terbaru ini anda tidak perlu memasukan kedua kode tersebut, yaitu anda tidak perlu memasukan kode yang ke 1 yaitu (www dan ghs.google.com) Tetapi anda hanya memasukan kode yang ke 2. Sebab kalaupun dipaksakan itu tidak akan berhasil.

    • Tahap akhir membuat Add Record untuk Type CNAME ini caranya, pada kotak Domain anda masukan kode ke 2 yang didapat dari blogger, jika sudah jangan lupa untuk menyimpannya. Agar lebih jelas lagi silahkan lihat gambar di bawah ini.

    • Sehingga nanti hasilnya akan terlihat ada lima Add Record DNS yang anda buat pada setting Manage DNS di rumahweb, seperti pada gambar berikut.

    Masih tinggal satu langkah lagi yaitu selanjutnya yang harus dikerjakan sebagai tahap terakhir yaitu menyimpan setting domain di blogger. Silahkan masuk kembali ke setting di dashboard blogger, kemudian pada settingan Add a custom domain anda masukan alamat lengkap domain yang di dapat dari Rumahweb, misalnya : www.ceritablogger.com . Jangan lupa untuk memasukan (www), jika sudah klik Save atau Simpan.

    Apabila semua langkah yang dikerjakan dari tahap awal benar, seharusnya pekerjaan anda sudah selesai sampai tahap ini. Jika pada saat anda klik Save berhasil, maka secara otomatis sekarang domain blogspot anda telah berganti menjadi domain sendiri yang anda beli dari Rumahweb. Itulah baimana cara mengganti domain blogspot ke domain sendiri dari Rumahweb. Semoga tulisan tentang panduan cara setting domain sendiri dari Rumahweb dengan domain blogger ini bisa membantu dan bermanfaat bagi anda semua yang membaca tulisan ini.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *