Cara Sharing Printer Melalui Jaringan LAN

cara-sharing-printer-melalui-jaringan-lan
Cara sharing printer melalui jaringan LAN, Wifi atau Bluetooth. Cara ini lebih sering dilakukan jika printer yang ada di ruang kerja hanya terdapat satu unit, sementara komputernya banyak. Maka agar pengguna komputer lain yang tidak terhubung secara langsung dengan printer tetap bisa menggunakan alat cetak tersebut bisa dilakukan dengan cara share printer. Sharing atau berbagi printer ini bisa dilakukan melalui beberapa jaringan seperti LAN, wireless, ataupun via bluetooth. Jika Windows yang digunakan berbeda, tentu pada cara setting sharing printer ini juga ada sedikit perbedaan. Namun yang harus dipastikan printer sudah di share dari komputer utama yang terhubung langsung dengan alat pencetak tersebut. Ciri bahwa printer sudah di sharing dari komputer server ditandai dengan perubahan logo printer menjadi simbol tangan.

Karena tampilan setting untuk setiap versi windows XP, 7, dan win8 tidak sama. Maka saya hanya akan menjelaskan cara pentingnya saja tanpa gambar penjelas dari masing-masing windows. Sebab jika gambarnya harus diupload semua artikel ini hanya akan penuh dengan gambar, dan mungkin malah akan bikin Anda pusing. Seperti yang dijelaskan tadi, hal hal terpenting dari semua cara sharing printer adalah mengetahui langkah-langkahnya, dengan begitu nantinya Anda bisa melakukan sharing printer pada setiap Windows yang berbeda.

Jika share akan dilakukan melalui wifi tau bluetooth, pastikan semua printer yang ingin terhubung dengan jaringan telah memiliki koneksi bluetooth atau wifi yang sudah aktif. Demikian juga apabila share printer akan dilakukan melalui jaringan LAN (local are network), pastika seluruh komputer yang akan dihubungkan ke printer terkoneksi melalui kabel LAN dengan komputer utama. Berikut saya ingin menjelaskan cara sharing printer melalui jaringan LAN.
Langkah awal yang harus dikerjakan adalah merubah setting printer pada komputer server yang terhubung langsung dengan printer. Caranya, bisa melalui “Control Panel” atau dari “Start Menu” pilih “Printer and faxes” pada Windows Xp atau “Devices and Printer” di Windows 7-8. Setelah masuk ke halaman Printer Anda akan melihat ada beberapa driver printer yang terinstal, pilih printer yang terhubung dan aktif.

cara-sharing-printer

Klik kanan kemudian pilihSharing, pilih lagi “Share this printer” selanjutnya klik OK atau Apply. Maka logo printer yang semula default akan berubah menjadi simbol tangan, itu tandanya printer sudah siap dan bisa di share dengan komputer lain. Langkah berikutnya adalah melakukan setting pada setiap komputer client. Caranya masuk ke “Control Panel” kemudian pilih “Device and Printers” lalu pilih “Add Printer“.

cara-sharing-printer
tanda printer sebelum & setelah di share
cara-sharing-printer
setting di windows7/8
cara-sharing-printer
setting di windows XP

Pada semua versi Windows XP, WIN 7 atau 8 pilihannya sama ada dua, yaitu “Local printer” atau “Network printer“. Jika Anda ingin membiarkan agar sistem mendeteksi printer secara otomastis, pilih yang pertama yaitu local printer. Tetapi jika ingin melakukannya secara manual, silahkan pilih network printer. Baik secara manual ataupun search automatic pastikan untuk memilih printer yang aktif di jaringan tersebut. Lakukan tes Print test page untuk memastika bahwa semua komputer sudah terhubung dengan printer dan bisa mencetak dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *