rajakomen

Taman Indonesia Kaya Semarang Didedikasikan Sebagai Ruang Kreasi Bagi Para Seniman Jawa Tengah.

19 Jul 2023  |  306x | Ditulis oleh : Admin
Taman Indonesia Kaya Semarang Didedikasikan  Sebagai Ruang Kreasi Bagi Para Seniman Jawa Tengah.

Taman Indonesia Kaya merupakan sebuah ruang publik terbuka yang didedikasikan untuk dunia seni pertunjukan Indonesia dan juga masyarakat umum. Hadirnya Taman Indonesia Kaya Semarang ini juga sebagai ruang kreasi bagi para seniman khususnya di sekitaran Jawa Tengah.

Taman yang memiliki luas 5.000 meter persegi ini merupakan proyek kerjasama pemerintah Semarang dengan program CSR dari Djarum Foundation. Taman ini memiliki dua panggung teater dengan kapasitas 400 dan 1.000 orang. Selain itu, taman ini memiliki fasilitas ruang make up, ruang ganti, ruang untuk difabel, dan tentu saja toilet.

Pada Awalnya taman ini merupakan ide dari Djarum Foundation yang menginginkan adanya ruang publik di Semarang yang bisa dipakai oleh masyarakat sebagai tempat rekreasi. Ide ini disetujui oleh pemerintah Semarang dengan menggunakan lahan yang dahulunya dikenal dengan Taman KB atau Taman Menteri Supeno.

Ruang publik ini nantinya digunakan untuk mementaskan pertunjukan seni budaya dan juga sebagai rumah bagi para seniman. Harapannya Taman Indonesia Kaya ini menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya seniman dari Jawa Tengah. Untuk konsep pementasan, tim budaya Djarum Foundation mengikuti konsep yang pernah dilakukan pada Galeri Indonesia Kaya di Jakarta yaitu panggung budaya menampilkan berbagai pertunjukan seni dan budaya dengan tema keragaman Indonesia.

Taman ini berhasil menarik animo masyarakat untuk berbondong-bondong datang berkunjung. Bagaimana tidak, sebab tempat ini belakangan jadi amat terkenal di kalangan masyarakat.

  • Panggung Seni yang Megah

Fitur utama yang dimiliki oleh taman ini adalah tersedianya panggung seni budaya. Pada hari tertentu, panggung ini akan menampilkan lakon wayang dan juga pertunjukkan seni tradisional. Pengunjung bisa menikmati keindahan teatrikal yang ditampilkan oleh pementas seni. Pengunjung juga bisa menonton pertunjukan opera khas Eropa di panggung seni ini.

  • Taman Bunga yang Asri

Selain patung wayang yang berada di sekeliling taman, daerah ini juga terkenal dengan taman bunga yang asri. Pengunjung akan dimanjakan oleh bunga-bunga yang tumbuh subur. Taman bunga akan menyambut pengunjung dari pintu masuk hingga sampai ke depan panggung teater. Nuansa hijau yang dihadirkan oleh tanaman tentu bisa membuat pengunjung lebih rileks.

  • Pintu Mural yang Indah

Ketika pengunjung memasuki daerah Taman Indonesia Kaya, pengunjung akan disambut oleh dinding bergambar. Mural di daerah ini dimaksudkan untuk menambah khazanah seni jadi semakin kental. Tidak banyak taman yang memiliki gambar mural sebagai bagian dari sebuah tempat. Dan taman ini mampu menjadi pembeda diantara banyaknya taman lain di negeri ini.

  • Panggung Figur Karakter Wayang yang Gagah

Di sekeliling, pengunjung akan melihat patung dari tokoh pewayangan yang berdiri gagah mengitari taman. Beberapa tokoh wayang dapat pengunjung temui di daerah taman seperti Petruk, Gareng, dan Semar. Ketika malam hari, patung wayang tersebut akan dihiasi oleh cahaya lampu. Membuat pemandangan jadi semakin nikmat untuk dipandang oleh mata.

Air Mancur Warna-Warni

Saat malam tiba, pengunjung dapat menikmati pemandangan dari air mancur yang memancarkan cahaya. Lampu dipasang di beberapa titik pada air mancur, membuatnya begitu elegan. Pengunjung dapat bersantai di samping air mancur sembari menikmati cahaya warna-warni. Pengunjung juga bisa melepas penat dengan memandangi air mancur tersebut dari kejauhan.

Untuk bisa menikmati keindahan Taman Indonesia Kaya, pengunjung tidak akan dibebani oleh biaya apapun. Biaya yang perlu pengunjung keluarkan adalah untuk keperluan akomodasi.

Mengingat taman ini masih berada di wilayah kota Semarang, maka biaya untuk akomodasi pun tidak terlalu besar. Pengunjung bisa menggunakan jasa angkutan umum seperti bus dengan biaya Rp 5.000.00 saja.

Taman ini memiliki banyak fasilitas yang dapat pengunjung manfaatkan sewaktu datang kesini. Diantaranya adalah tersedianya tempat ibadah, kamar mandi umum, dan juga beberapa spot untuk berfoto.

Pengunjung juga akan dimanjakan dengan kebersihan yang ada di taman ini. Sebab pemerintah kota Semarang terus menjaga agar keadaan di sekitar taman tetap asri dan indah untuk dipandang mata.

Fasilitas lain yang ada di taman ini adalah tempat sampah umum, kursi untuk menonton pertunjukan teater, dan juga lampu taman. Tentu akan sangat disayangkan apabila pengunjung tidak memasukkan taman ini sebagai salah satu tempat untuk dituju.

Demikianlah ulasan tentang Taman Indonesia Kaya, jika Anda tertarik untuk berkunjung atau mengetahui informasi lebih jelasnya, Anda dapat mengunjungi website www.indonesiakaya.com

Baca Juga: