Hal Paling Penting Harus Dimiliki Oleh Seorang Blogger

make-money-from-blogging

Mau berhasil? Berapa lama Anda mampu bertahan menjadi seorang blogger? Semangat, kesabaran, kreatif serta aktif adalah hal paling penting yang harus dimiliki oleh seorang blogger. Ada banyak alasan yang membuat orang ingin membangun sebuah blog. Bisa karena suka menulis dan memang hanya ingin mencari kesenangan dari hobi menulisnya tersebut, atau karena sebuah keterpaksaan sebab ingin mencoba mencari pendapatan dari membuat blog, karena kegiatan bekerja secara offline tidak dapat memberikan hasil sesuai yang diinginkan. Bisa juga karena ingin mencoba bisnis online di internet lalu belajar membuat blog dengan harapan bisa menjadi seorang blogger sukses yang berpenghasilan besar seperti yang banyak di beritakan. Apapun alasannya ketika Anda mulai terjun ke dunia blogging itu tidak menjadi suatu masalah.

Yang menjadi persoalannya adalah seberapa lama Anda bisa bertahan di dunia blogging ini? Bagi mereka yang membuat blog hanya untuk mencari kesenangan seperti dengan menyalurkan hobinya menulis, apapun hasilnya tentu akan selalu membuat Anda tetap senang dan tertawa. Namun bagi sebagian mereka yang terjun ke dunia blogger dengan harapan ingin mendapatkan penghasilan agar dapat memenuhi kebutuhan hidup, tentu saja akan menjadi sebuah kendala di saat blog yang dibangun tidak juga memberikan hasil seperti yang di inginkan.
Keberhasilan dalam kegiatan menekuni pekerjaan sebagai seorang blogger tidak bisa diraih hanya dalam waktu satu hari atau satu bulan. Akan dibutuhkan waktu yang cukup panjang sebagai proses mencapai puncak kesuksesan yang di harapkan. Oleh sebab itu sejak awal harus dipikirkan tujuan serta cara Anda dalam menjalani kegiatan untuk menjadi seorang blogger. Penting untuk memiliki kesabaran, kreatif dan aktif. Anda harus mempersiapkan diri untuk memiliki sebuah cara dan rencana agar kegiatan blogging Anda mampu bertahan lama.

Hal Penting Harus Dimiliki Oleh Seorang Blogger

  • Berusahalah untuk tetap menjaga semangat ng-blognya
  • Berusahalah untuk tetap sabar ketika belum mendapatkan apa yang Anda inginkan.
  • Rajin-rajinlah menulis dan jadikan itu sebagai hobi
  • Kreatif dalam mencari ide dan referensi untuk setiap tulisan Anda
  • Jangan pernah main curang, karena dengan itu anda tidak akan berhasil untuk waktu yang lama
  • Pelajari pengalaman mereka yang telah sukses di bisnis yang sama dan ikuti cara mereka
  • Aktif dalam membangun komunitas untuk niche yang Anda tekuni, dan berikan anggota komunitas Anda sesuatu yang bermanfaat bagi mereka
  • Fokus dengan niche yang Anda kuasai betul, dan buatlah setiap yang Anda tulis pasti berguna
Jangan terlalu cepat menilai keberhasilan seseorang, lalu dengan semangat sesaat Anda ingin meniru hal yang sama kemudian membuat sebuah blog dan melakukan segala upaya yang tidak benar dengan harapan agar cepat berhasil. Cara ini justru hanya akan membuat Anda kecewa dan putus asa nantinya. Jika dirasa dari aktifitas blogging belum dapat memberikan hasil yang mencukupi, jangan dulu memilih untuk menjadi full blogger. Sebaiknya lakukan nge-blog sambil tetap menjalankan aktifitas pekerjaan lain agar Anda tetap mendapatkan pemasukan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
Kalau bisa sebaiknya pilih topik dari apa yang anda suka atau hobi. Sebab kegiatan menulis sesuatu yang anda suka nantinya akan menjadikan sebagai sumber kekuatan utama bagi setiap tulisan untuk blog Anda. Kreatif dalam mencari ide kemudian menghidupkan ide tersebut ke dalam setiap tulisan yang bermanfaat untuk di baca oleh orang lain. Sebuah artikel akan menjadi bacaan berkualitas apabila di tulis oleh orang yang tau betul dengan apa yang ditulisnya.
Lain halnya ketika Anda terpaksa menulis sesuatu yang sebetulnya Anda sendiri juga tidak mengetahui kebenaran hal tersebut, atau sebenarnya Anda tidak begitu paham benar dengan apa yang akan Anda tulis itu. Kalaupun  tetap dipaksakan sebab Anda merasa ingin agar blog cepat memiliki lebih banyak artikel untuk niche yang Anda sendiri belum menguasainya, justru hal itu hanya akan menimbulkan masalah baru dikemudian hari. Misalnya Anda akan merasa kebingungan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan pembaca di setiap komentar, karena sebetulnya Anda bukan ahli di bidang yang anda tulis tersebut.
Jadi usahakan mencari topik atau niche konten yang materinya Anda pahami betul. Jangan memaksakan diri untuk memilih sebuah niche konten yang jelas-jelas diluar kemampuan Anda, hanya karena ingin mengejar target untuk topik tersebut sebab paling banyak dicari. Akan lebih baik jika anda sudah lebih dulu memahami niche tersebut apalagi itu sebagai hobi atau sebuah niche konten yang memang sangat anda sukai. Agar nantinya memudahkan anda pada saat menulis setiap artikel untuk topik itu, juga pada saat menjawab setiap pertanyaan yang diajukan pembaca untuk topik tersebut. Lebih baik pelan-pelan saja, tulislah artikel setiap hari untuk topik atau konten yang Anda kuasai betul, kemudian kemas pengetahuan Anda tersebut menjadi sebuah tulisan yang berguna dan bermanfaat. Saya yakin benar itu adalah hal dan cara yang lebih baik untuk Anda kerjakan.
Dengan semakin banyak menulis dari pengetahuan nyata Anda, justru itulah yang nantinya akan memberikan pengalaman menyenangkan yang sangat jelas, unik dan menarik untuk para pegunjung dan pembaca setia blog Anda. Lama kelamaan akan semakin tumbuh kepercayaan publik dan pengunjung kepada Anda sebagai Author yang memiliki kredibilitas. Ceritakan setiap pengetahuan Anda melalui tulisan menarik dan yang dapat memberikan solusi serta pengalaman tersendiri bagi para pengunjung blog. Sebab jika Anda memaksakan menulis sesuatu yang Anda sendiri jelas tidak mengetahui betul kebenarannya, bagaimana mungkin Anda bisa meyakinkan pembaca untuk topik yang Anda sampaikan melalui setiap tulisan Anda tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *