Kerajinan Tangan Dari Bahan Lunak Kertas Dan Barang Bekas

kerajinan-bahan-bekas
Kerajinan lunak dari bahan kertas atau barang bekas bisa menjadi sebuah barang bermanfaat ditangan seorang yang trampil. Waktu luang bagi mereka yang pandai membaca situasi bisa dijadikan kesempatan yang berguna untuk menghasilkan banyak karya kreatif. Kerajinan yang terbuat dari bahan dan barang bekas tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk kebutuhan sendiri, tetapi dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan. Selain modalnya relatif kecil bahan dan barang bekas cukup mudah didapat.
Sebetulnya sangat banyak sekali kerajinan tangan yang unik dan menarik sekaligus menjadi kebutuhan orang banyak. Kemudahan dalam usaha ini adalah bahan dasar dan harga jual yang terjangkau baik oleh pengerajin itu sendiri maupun oleh konsumen dari semua kalangan. Sehingga siapapun bisa menekuni usaha ini, dan bagi konsumen yang tertarik dapat membelinya dengan harga yang terjangkau sebab relatif murah namun tetap mempunyai keunggulan dan keunikan tersendiri.
Hanya sebagian orang yang cukup cerdas melihat kesempatan untuk mengembangkan usaha kerajinan dari bahan atau barang bekas ini. Sebab sebenarnya peluang dan minat beli masyarakat terhadap kerajinan unik dan antik yang harganya cukup murah ini juga lumayan besar. Bahkan yang mungkin tidak banyak orang tahu, dengan modal sedikit namun bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat. Barang-barang bekas yang tadinya dibeli dengan harga murah tersebut, setelah dibuat menjadi sebuah karya yang sangat menarik dari ide trampil, bisa dilelang dengan harga lumayan menarik.
Salah satunya seperti kerajinan lampu hias ruang keluarga yang terbuat dari bahan kertas kardus bekas. Dengan sedikit kreatif memberikan polesan sesuai nuansa di mana lampu tersebut akan diletakan, maka jadilah kerajinan dari bahan kertas kardus ini menjadi tempat lampu hiasan yang unik, menawan, dan menarik.


Cara Membuat Lampu Hiasan Dari Barang Bekas

  • Persiapkan alat-alat seperti penggaris, gunting, lem kertas, lampu, tempat lampu, dan kabel.
  • Cari dan siapkan juga beberapa kardus bekas.
  • Untuk menambah nuansa unik, nantinya bisa ditambah polesan cat kertas sesuai keinginan.
  • Potong kardus sesuai bentuk seperti gambar berikut, untuk ukuran lebar dan tingginya bisa disesuaikan dengan tempat di mana lampu hiasan nantinya akan dipasang.
kerajinan-kertas
  • Gunakan Lem kertas yang berkualitas baik supaya bisa menempel dengan sempurna untuk merekatkan potongan kardus yang satu dengan lainnya.
  • Tumpuk dan satukan satu persatu setiap potongan yang sudah dibentuk hingga mencapai ukuran lebar dan tinggi sesuai keinginan.
  • Berikutnya membuat penutup atas lampu, cari kardus yang ukurannya agak besar lalu buat bentuk bundar atau persegi lima seperti contoh yang terlihat pada gambar di bawah ini.
lampu-hiasan
  • Agar kardus tahan panas, sebaiknya gunakan bahan seperti alumunium poil pada bagian atas dan bawah box lampu.
  • Terakhir adalah memasang lampu hiasan diruang yang telah disiapkan.

kerajinan-bahan-lunak
Untuk lebih memberikan kesan elegant, unik, serta menawan Anda bisa menambahkan dengan memberi polesan cat kertas pada lampu hiasan tersebut dengan warna-warna menarik yang sesuai dengan ruang yang akan dipasang lampu tersebut. Selain terlihat tampil lebih menarik, pemberian cat juga bisa menutupi bagian kertas kardus. Sehingga sepintas tempat lampu hiasan tersebut tidak terlihat sebagai sebuah kerajinan tangan yang terbuat dari bahan bekas kardus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *