Makanan Unik Tutug Oncom Khas Tasikmalaya

tutug-oncom
Tutug Oncom, mendengar dari namanya mungkin Anda merasa sedikit aneh. Masakan satu ini berasal dari Tasikmalaya memang boleh dikatakan merupakan makanan yang cukup unik. Dulu makanan tutug oncom ini menjadi salah satu makanan khas tasik yang menjadi masakan favorit di daerah setempat, meskipun cara pengolahan tutug oncom bisa dibilang sangat sederhana, tetapi memang memiliki ciri khas dan citra rasa tersendiri. Olahan makanan nasi yang dicampur oncom ditambah dengan bahan kencur kemudian semua bahan tersebut disatukan sehingga menjadi nasi tutug oncom.
Biasanya tutug oncom ini dulu lebih sering dijadikan sebagai makanan untuk sarapan. Rasanya enak, dengan khas wangi kencur ditambah bumbu hijau daun kemangi. Sekarang juga tersedia di beberapa tempat seperti di Tasikmalaya dan di kota Bandung, masih ada diantaranya warung nasi ataupun restoran yang melestarikan makanan khas Tutug Oncom, mungkin jika Anda orang Priangan Timur pasti kenal dengan masakan khas daerah Sunda yang satu ini.
Uniknya lagi menurut cerita para orang tua di daerah setempat, pada jaman penjajahan Belanda di masa silam, tutug oncom ini seringkali dijadikan sebagai makanan untuk membekali para pejuang sebelum berangkat ke medan perang, maklum di saat seperti itu untuk mendapatkan makanan yang enak tidak mudah seperti saat ini. Jadi tutug oncom yang merupakan nasi favorit yang membantu menyemangati para pejuang ketika berperang.
Tetapi seiring dengan kemajuan jaman dan peradaban, dengan semakin banyaknya makanan asing yang lebih dominan hadir dijajakan di pasaran, dari waktu ke waktu makanan khas daerah seperti Tutug Oncom ini semakin jarang ditemukan, dan jika ingin menikmati tutug oncom ini Anda harus membuatnya sendiri. Resepnya juga sangat sederhana dan mudah dibuat, untuk Anda yang penasaran seperti apakah rasa Tutug Oncom ini, silahkan membaca resep berikut.

Resep Tutug Oncom Khas Tasikmalaya

Bahan-bahan dan bumbu
500 gram nasi putih
150 gram oncom
10 cm kencur
5 siung bawang putih
3 siung bawang merah
7 siung cabe rawit hijau
1 sendok makan Gula Pasir
1 sendok teh  Garam
1 sendok teh penyedap (bila suka)
15 lembar daun kemangi
5 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat Tugug Oncom

  • Siapkan semua bahan dan bumbu di atas.
  • Campurkan semua bumbu dengan cara diulek, kecuali daun kemangi.
  • Setelah bumbu diulek hingga rata, lalu goreng dengan minyak sebanyak 5 sdm, hingga bumbu harum dan berwarna kecoklatan.
  • Setelah semua bumbu dirasa sudah matang, Anda siapkan nasi putih satu piring, kemudian aduk-aduk bersama bumbu hingga nasi dan bumbu tercampur merata.
  • Tutug Oncom siap dinikmati.
Jika Anda termasuk yang memiliki bisnis di bidang makanan, mungkin Tutug Oncom yang boleh dikatakan sebagai salah satu makanan cukup langka ini, dapat dijadikan sebagai salah satu menu makanan khas pilihan di resto atau warung Anda, siapa tau malah akan laris sebab makanan unik cukup banyak dicari oleh mereka yang mungkin sudah bosan mengkonsumsi makanan modern setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *