Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Memperbaiki Mental

menjaga-kesehatan-tubuh-dan-mental

Menjaga kesehatan tubuh dengan memperbaiki mental. Semua orang pasti menginginkan agar kodisi tubuhnya selalu sehat. Namun diluar keinginan, ada saat kita menderita sakit yang bahkan sulit sekali diobati. Jika sudah begitu tentu tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk berobat supaya cepat sembuh. Bahkan ada kondisi meskipun telah begitu banyak materi yang dikeluarkan hanya untuk berobat, namun badan tidak juga kunjung sembuh. Tentu siapapun sangat tidak mengharapkan dan tidak ingin mengalami kondisi seperti itu. Untuk menghindarinya, selain selalu menjaga pola makan yang teratur, dan mengkonsumsi berbagai makanan sehat bervitamin serta menjaga kondisi fisik dengan berolahraga secara rutin. Adakalanya kita mungkin melupakan sesuatu yang sebetulnya mempunyai peranan penting dalam hal ikut menjaga kondisi kesehatan tubuh.

Mental. Sesuatu yang bukan berupa fisik namun sangat mempengaruhi konsisi kesehatan manusia. Ada yang mengatakan bahwa ” Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat ” begitu juga sebaliknya ” Pada (jiwa) dan mental yang sehat, memiliki tubuh yang kuat “. Mental berhubungan erat dengan hati dan pikiran, hal ini jelas akan sangat mempengaruhi kondisi fisik. Ketika hati seseorang lebih sering merasa gelisah, kacau, sering merasa tidak enak hati, biasanya otak sedang digunakan untuk memikirkan banyak sekali persoalan sulit dan permasalahan. Kondisi mental seperti ini dapat mempengaruhi keadaan fisik seperti menjadi susah tidur, dan kehilangan selera makan sebab memikirkan banyak hal.
Jika keadaan seperti itu lebih sering dialami, maka tubuh akan cenderung lebih mudah terserang sakit sebab kondisi fisik akan menjadi lemah. Begitu juga dengan hati, jika lebih sering dan mudah merasa iri, gampang membenci, selalu berprasangka buruk maka keadaan itu cenderung akan selalu mendorong pikiran seseorang untuk memikirkan, merencanakan dan melakukan sesuatu yang sifatnya tidak baik (negatif). Pada kondisi seperti itu, seseorang akan lebih mudah marah, gampang pusing, tidak peduli, dan mudah tersinggung, serta sering putus asa. Apabila kebiasaan tersebut dibiarkan terus-menerus maka nantinya akan menjadi sebuah kebiasaan buruk.
Kebiasaan buruk seperti itulah yang membuat kondisi mental seseorang menjadi lemah. Lebih lama berada dalam kondisi mental dan kebiasaan berpikiran buruk, maka tubuh semakin lebih mudah sakit sebab imun atau kekebalan tubuh cenderung semakin melemah ketika mental dan pikiran lebih sering berada pada zona negatif. Seperti terserang penyakit darah tinggi, stroke, serangan jantung, radang tenggorokan, semakin melemahnya penglihatan, gampang marah, tersinggung dan mudah lupa. Sebaliknya kekebalan tubuh menurut para ahli medis cenderung akan lebih meningkat ketika hati selalu merasa tenang, dan pikiran selalu baik.
Oleh sebab itu sangat penting untuk memperbaiki kondisi mental guna menjaga kesehatan tubuh. Berusahalah untuk selalu berbaik sangka, hindari sifat iri hati, dengki, sebab sikap-sikap tersebut hanya akan menjadikan mental kita semakin lebih buruk. Berusahalah selalu menjaga hubungan agar lebih baik dengan siapapun, biasakan bersikap ramah dan santun, menjaga hati selalu berperasaan baik, menjaga pikiran agar tidak selalu memikirkan kejelekan orang lain. Lama kelamaan akan menjadi terbiasa dan itu pasti akan membuat mental dan pikiran menjadi lebih sehat, tentunya dengan kondisi pikiran dan mental yang sehat maka kondisi kesehatan tubuh dapat selalu terjaga dengan baik. Tidak mudah memang, namun tidak akan pernah bisa jika tidak belajar membiasakan diri, sebab bisa itu karena biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *