Menu Buka Puasa Dengan Makanan Sehat Ala Rasululloh

Menu buka puasa dengan makanan sehat ala Rasululloh. Bersyukur kita masih dapat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan tahun ini. Kita semua tahu bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan rahmat. Semoga saja di bulan Ramadhan yang penuh hikmah dan berkah Allah memberikan kekuatan lahir dan bathin agar kita semua dapat menjalankan ibadah puasa dengan penuh kesabaran, ketaqwaan serta keikhlasan hati, agar dapat memperoleh manfaat serta berkah bagi perjalanan hidup supaya menjadi lebih baik lagi.

Dengan berpuasa kita diajarkan untuk sabar, seperti belajar untuk menahan haus dan lapar agar kita bisa merasakan bagaimana rasanya orang miskin yang kelaparan dan kehausan. Dengan merasakan seperti itu saat kita berpuasa, maka akan timbul rasa kasih sayang didalam hati kepada sesama manusia yang membutuhkan bantuan dan pertolongan. Puasa juga mengajarkan kita untuk bersikap lebih santun dan saling menghargai antar umat beragama supaya bisa hidup rukun secara berdampingan.

Puasa mengajarkan kita untuk bersyukur atas segala nikmat serta karunia yang telah Allah berikan kepada kita selama hayat di kandung badan. Oleh sebab itu, semoga dengan menjalankan ibadah puasa, kita semua dapat mengambil hikmah yang baik agar selalu bisa kita kerjakan meskipun setelah selesai puasa nanti. Puasa mengajarkan bagaimana kesabaran itu diuji, supaya kita selalu bisa bersikap dengan bijaksana dalam menyelesaikan setiap persoalan di dalam perjalanan hidup ini.

menu-buka-puasa-ala-rasulullohAgar tubuh kita selalu sehat pada saat menjalankan puasa sebaiknya menu buka puasa yang disediakan haruslah berupa menu buka puasa ataupun menu makan sahur yang menyehatkan supaya bisa memenuhi kecukupan gizi dan nutrisi selama anda menjalankan ibadah puasa. Akan lebih baik lagi jika sajian menu buka puasa yang dikonsumsi merupakan makanan dan minuman yang yang menyehatkan tubuh. Seperti yang disarankan menurut tuntunan Rasulullah S.A.W.

Berikut ini adalah daftar menu buka puasa yang termasuk menu makanan menyehatkan dan sebaiknya dikonsumsi oleh anda sekeluarga selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Daftar Menu Buka Puasa Sesuai Tuntunan Rasulullah

Buah Kurma 
Kurma ini termasuk salah satu makanan tajil atau buah untuk makanan pembuka yang di sunahkan menurut tuntunan Rasululloh untuk dimakan saat berbuka puasa, sebelum memakan makanan lainnya. Makanlah kurma sebanyak 3 buah.
Sayuran Berhijau Daun 
Sayur hijau yang mengandung banyak serat yang sangat mudah dicerna oleh tubuh, untuk melancarkan metabolisme. Tentunya selain memiliki banyak serat, Sayuran hijau merupakan menu buka puasa yang menyehatkan untuk dikonsumsi selama bulan puasa.

Nasi Merah 

Nasi merah juga termasuk makanan untuk dijadikan menu buka puasa yang menyehatkan sebab di dalam nasi merah terdapat kandungan serat yang tinggi tetapi memiliki kadar gula yang rendah. Dengan mengkonsumi nasi merah saat buka puasa terutama saat makan sahur ini bisa membuat kenyang lebih lama. Dengan begitu dengan mengkonsumi nasi merah anda tidak akan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang justru dapat menimbulkan kegemukan.
Makanan Oat
Makanan Oat ini memiliki banyak sekali manfaat seperti untuk anda yang memiliki kadar gula rendah, juga bisa membantu menjaga pengaturan berat badan. Manfaat lainnya yaitu untuk menjaga kesehatan jantung. Oat baik sekali dijadikan sebagai menu buka puasa atau makan sahur, khususnya cocok bagi anda yang tidak ingin mengkonsumsi nasi putih ataupun nasi merah

Buah-Buahan

Buah perlu dijadikan salah satu makanan pokok sebagai menu buka puasa yang sangat penting. Sebab tubuh tidak memproduksi sendiri vitamin C, karena itu kandungan vitamin C yang ada pada buah-buahan ini sangat banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi buah-buahan pada saat buka puasa dan ketika makan sahur, tentu akan sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap memiliki stamina yang baik selama menjalankan ibadah puasa sebab buah-buahan memiliki rasa manis yang alami dan dapat membuat tubuh kembali segar. Buah-buahan sangat cocok dikonsumsi saat buka puasa ataupun saat makan sahur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *