Tips Cara Memilih Dan Membeli Komputer, Laptop, Notebook

cara-membeli-dan-memilih-komputer
Seringkali ada pelanggan yang bertanya bagaimana cara memilih komputer, Laptop, atau Notebook yang bagus ketika punya rencana ingin membeli sebuah perangkat komputer. Kalo boleh saya memberi saran sebelum berbelanja Laptop, notebook maupun komputer biasa perhatikan terlebih dahulu untuk keperluan apa komputer tersebut nantinya akan digunakan, sebab hal ini pastinya akan berhubungan dengan besarnya dana yang harus Anda keluarkan.
Jika ingin membelinya hanya untuk gengsi semata, saya tidak punya banyak saran kecuali pilihlah spesifikasi komputer yang paling bagus dan termahal tentunya dengan merek yang juga sudah sangat terkenal seperi kelas Apple, Alien Ware dan sejenisnya. Sebab PC merek tersebut baik harga maupun kualitas tidak perlu diragukan lagi.
Namun jika Anda ingin membeli perangkat komputer yang nantinya lebih banyak digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas kantoran seperti MS Office, Photoshop, Acounting, dan program2 yang cukup ringan, atau misalnya buat kebutuhan ngeblog dan internetan saja. Saya sarankan jangan membeli yang terlalu mahal, cukup perhatikan merk dan harganya saja. Selain lebih ekonomis, yang penting spesifikasinya cukup untuk digunakan sesuai keperluan. Misalnya Produk Toshiba, Dell, atau dari produk HP series. Komputer keluaran pabrikan tersebut tergolong cukup bandel dan stabil untuk digunakan dalam olah data melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan seperti yang saya jelaskan tadi. Anda bisa pilih yang harganya kisaran antara 3 sampai 4 jutaan.
Namun jika keperluannya untuk pekerjaan olah gambar, seperti bekerja dengan program-program desain seperti CorelDral seri X7 ke atas, 3D Max, AutoCad terbaru, Visual Basic, Sketchup terbaru, Program Editing Video atau akan digunakan untuk Game Online seperti Point Blank, PES Terbaru, dan game-game besar lainnya, jelas Anda perlu mempertimbangkan beberapa spesifikasi hardware pendukung lainnya yang cukup mumpuni. Minimal RAM 4 Gb, Minimal Processor Core 5 atau di atasnya, VGA Card minimal 2 GB, kapasitas Hardisk min 350-500 Gb. Sebab komputer spek rendah akan terasa menjadi lambat bila bekerja dengan program-program besar tersebut .
Kalau kecepatan yang menjadi prioritas yang diinginkan, saya lebih menyarankan untuk memilih perangkat komputer besutan AMD seri terbaru. Meskipun AMD ini dikenal lebih cepat panas dibanding seri lainnya, hal itu jelas karena spesifikasi rata-rata AMD lebih memprioritaskan kepada kecepatan kinerja komputer. Soal panas dengan mudah bisa di atasi menggunakan tambahan pendingin yang cocok dan kompatible serta direkomendasikan dengan perangkat yang dipilih. Misalnya AMD Liano seri A4-X2 330, A6-3500, atau A8-3870K. Harganya cukup bervariasi mulai 5 hingga 9 jutaan.
Hati-hati dalam memilih dan membeli perangkat komputer, jangan asal murah saja. Jangan terjebak dengan merk baru yang sedang promo. Toko komputer manapun pastinya akan mendahulukan menawarkan produk yang sedang menjadi target penjualan mereka kepada setiap pelanggannya, dan pasti produk-produk tersebut semuanya akan dibilang paling bagus supaya laku. Tapi jangan terjebak di sini, tetap fokus memperhatikan spesifikasi komputer yang telah diperhitungkan sebelum membeli. Meskipun kocek yang dikeluarkan tidak terlalu besar, namun jika nantinya komputer yang dibeli harus rajin masuk servis jatuh harganya tetap saja sama-sama mahal juga. Terutama untuk kelas Laptop dan Notebook, banyak kendala yang sering ditemui yaitu kerusakan pada keyboard atau papan ketik, padahal perangkat tersebut baru saja dibeli beberapa minggu. Pilihlah yang agak mahal sedikit dan bermerk tapi kualitasnya bagus misalnya Laptop atau Notebook keluaran Dell dan Toshiba, atau HP series.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *