Hijab.id

Mengenal Apa Itu internet Of Things Serta contoh dan Manfaatnya Dalam Perindustrian

19 Okt 2021  |  118x | Ditulis oleh : Admin
Mengenal Apa Itu internet Of Things Serta contoh dan Manfaatnya Dalam Perindustrian

Internet of Things atau biasa disebut IoT adalah teknologi yang memungkinkan satu objek untuk mampu berkirim data lewat koneksi tanpa bantuan computer dan manusia.

Apa itu iot dan contohnya

IoT dapat diartikan secara simple yaitu elektronik, sensor mesin ataupun benda dalam kehidupan sehari-hari seperti martphone, laptop, lampu AC, IR remote blaster dan sebagainya.

Secara teknis IoT memili sejumlah komponen teknologi pendukung yang memungkinkannya bekerja secara maksimal, seperti :

1. Sensor

Sensor mampu mengubah perangkat IoT tepatnya pada segi jaringan dari yang sistemnya pasif berubah menjadi aktif dan terintegrasi dengan lingkungan sekitarnya.

2. Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) menjadi salah satu benang merah yang menghidupkan IoT.  Dengan AI perangkat bisa berkomunikasi secara pintar. Terlebih perangkat IoT yang dibekali AI akan bisa melakukan kemampuan analisis yang lebih kompleks, seperti koleksi data, mengatur jaringan bahkan mengembangkan algoritma.

3. Koneksi Jaringan

Koneksi jaringan juga menjadi komponen pendukung system IoT untuk bisa berkomunikasi secara lancer. Konektivitas yang diperlukan sejatinya harus berjalan stabil, tetapi tidak perlu hadir dalam load ukuran besar.

4. Perangkat Mikro

Kehadiran perangkat mikro atau berukuran kecil dapat meningkatkan ketepatan, skalabilitas dan fleksibilitas performa IoT. Semakin kecilnya perangkat juga akan memiliki nilai biaya yang semakin sedikit.

Contoh penerapan Internet of Things di berbagai industry. IoT memiliki banyak contoh penerapan di keseharian kita. Bahkan beberapa di antaranya mungkin Anda baru sadari jika penggunaannya sangat berguna untuk membantu aktivitas.

  • Transportasi

Kendaraan otonomos menjadi salah satu bentuk perwujudan teknologi IoT di ranah transportasi. Penggunaannya akan bisa menjalanka mobil harus mengemudinya secara langsung.

  • Smart City

Dengan adanya IoT dapat membantu smart city, khususnya dalam memonitor dan mengelola keberadaan lingkungan sekitar secara real-time seperti memantau traffic lalu lintas. Banjir mengecek kondisi debit air di waduk serta memantau kondisi laut untuk aksi mitigasi bencana ke pelaut dan nelayan.

  • Kesehatan

Industry kesehatan menjadi salah satu yang sangat identic dan ideal dengan penerapan IoT. Sekarang ini sudah banyak inovasi baru yang memanfaatkan IoT untuk mendukung proses pengobatan berjalan efektif dan aman. Seperti pengecekan detak jantung, mengukur kadar gula, melakukan MRI bahkan bedah.

  • Energi

Ada banyak masalah yang muncul di industry energy, seperti masalah polusi, pemborosan sumber daya, dan masih banyak lagi. Dengan kehadiran IoT, masalah-masalah tersebut diyakini dapat berkurang. Contohnya IoT bisa menciptakan sensor cahaya yang bisa mengurangi penggunaan energy listrik. Selain itu IoT juga mempu melakukan penjadwalan pada perangkat smart home seperti mesin cuci, microwave, kulkas dan TV.

Internet of things memiliki beberapa manfaat yang bisa dirasakan penggunanya seperti:

1. Efisiensi

IoT menjadi penunjang efisiensi kerja dan aktivitas sehari-hari, karena semakin banyaknya jenis koneksi yang diciptakan, semakin kecil jumlah waktu Anda dalam menyelesaikan tugas. Dengan demikian, efisiensi kegiatan Anda akan terjaga dengan IoT.

2. Monitor Kegiatan secara praktis

IoT dapat membantu Anda mengontro dan memonitor seluruh kegiatan lebih mudah, bahkan dapat merekomendasikan alternative kegiatan atau pekerjaan yang lebih gampang

3. Koneksi lebih mudah

Konektivitas antar perangkat akan menjadi lebih mudah, karena semakin baiknya koneksi antar jaringan berjalan, maka sitem perangkat IoT Anda akan berjalan cepat dan efektif.

Apa itu iot platform atau software iot adalah platform support yang mengkoneksikan hardware / device, acces point dan data network untuk dapat dimanfaatkan sebagai acces control dan juga menyimpan dan mengolah data-data yang dibuat oleh device iot.

Jika Anda sedang mencari solusi IoT Anda bisa menggunakan IoT Telkom. Telkom memiliki platform IoT bernama Antares yang berada pada kategori layanan cloud platform dan konektivitas. Antares sebagai IoT Platform memberikan wadah untuk Anda mengembangkan produk dan menyimpan data serta mengamatinya.

Sebagai IoT connectivity, Antares menjadi instrument yang penting karena menghubungkan alat dengan cloud storage atau big data lainnya. Selain itu Antares menjadi solusi IoT yang tidak membutuhkan pengembangan rumit dari nol tetapi tetap fungsional. Hal in mengurangi kebutuhan teknisi IT serta biaya dan Anda hanya perlu fokus pada tujuan perusahaan.

Demikianlah ulasan mengenai apa itu internet of things, jika Anda ingin tau lebih jelas lagi mengenal internet of things dari Antares Telkom, Anda bisa mengunjungi websitenya di www.telkomiot.com.

Baca Juga: