RajaBacklink

Penyebab Kesemutan dan Suplemen Vitamin Untuk Mencegah Kesemutan

12 Jun 2022  |  130x | Ditulis oleh : Admin
Penyebab Kesemutan dan Suplemen Vitamin Untuk Mencegah Kesemutan

Apakah Anda sering merasa tiba-tiba tangan atau kaki Anda kebas, tertusuk-tusuk atau bahkan terasa terbakar pada beberapa bagian tubuh? jika itu Anda rasakan, kemungkinan Anda menderita Paresthesia atau kesemutan. Nah, cari tahu tentang penyebab dan cara mencegah gejala tersebut selain meminum Obat Kesemutan.

Dalam istilah kedokteran, kondisi ini merupakan gejala abnormal yang sering dirasakan seseorang. Keluhan ini biasanya dirasakan pada bagian tubuh manapun dan yang paling sering yaitu tangan, kaki, jari maupun lengan. Akan tetapi pada beberapa kasus Paresthesia pada bagian tubuh tertentu bisa terjadi secara berkelanjutan. Dan hal ini disebabkan oleh kerusakan saraf. Bisa juga disebabkan karena ada masalah pada sistem saraf pusat.

Berikut ini beberapa penyebab dari kesemutan

  • Kecemasan

Sebagian orang mungkin tidak mengetahui penyebab parethesia adalah kecemasan. Ini terutama pada bagian kaki, yang biasanya diakibatkan oleh hiperventilasi. Dan biasanya orang yang dilanda kecemasan cenderung akan bernafas secara cepat. Karena terlalu cepat melakukan pernafasan dapat memicu terjadinya ketidak seimbangan antara karbondioksida dan oksigen dalam tubuh. kondisi ini yang menyebabkan orang merasakan gejala Parethesia atau kesemutan.

  • Saraf Terjepit

Banyak orang yang merasakan keluhan kesemutan disebabkan karena duduk bersila terlalu lama. Ini juga dikarenakan kesalahan posisi tidur kurang tepat yaitu terlalu lama meletakkan tangan di bawah kepala. Hal ini akan memicu terjadinya tekanan pada saraf. Ketika tekanan dilepaskan, maka keluhan akan membaik dengan sendirinya. Tidak perlu penanganan khusus. Kondisi seperti ini biasa disebut dengan Paresthesia temporer.

  • Konsumsi Alkohol

Mengkonsumsi alcohol terlalu banyak juga dapat menyebabkan terjadinya kesemutan pada beberapa bagian tubuh. Alkohol ini dapat memicu kerusakan saraf tepi yang biasa disebut dengan istilah alcoholic neuropathy.

  • Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Gejala kesemutan atau Parathesia disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu. Misalnya obat untuk pengobatan penyakit tertentu, seperti penderita HIV, obat antibiotic, pengobatan kanker juga menyebabkan kerusakan syaraf. Dan gejala yang paling ringan adalah perasaan kebas ditangan.

  • Stroke

Penyebab parathesia bisa juga karena stroke. Stroke terjadi karena gangguan aliran darah ke otak diakibatkan oleh gumpalan darah atau pembuluh darah yang pecah. Stroke ini akan menimbulkan sensasi kebas di bagian lengan atau kaki. Bahkan di beberapa kasus juga terjadi pada salah satu sisi tubuh, kepala, dan wajah.

  • Kekurangan Nutrisi

Ada beberapa vitamin yang diperlukan bagi perkembangan syarat tubuh diantaranya seperti vitamin B1, B6, B12, serta asal folat. Jika salah satu zat tersebut tidak terpenuhi mungkin saja, syarat tidak akan bisa berkembang dengan baik dan memicu kerusakan. Syaraf yang rusak tadi dapat menimbulkan sensasi mati rasa atau kesemutan. Selain itu kesemutan juga sering dihubungkan dengan seseorang yang kurang asupan kalsium, kalium dan juga natrium dalam tubuhnya.

Itulah beberapa penyebab terjadinya kesemutan atau Parathesia. Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa vitamin untuk kebas dan kesemutan yang bisa di konsumsi untuk mengatasi kondisi tersebut, terutama jika diakibatkan oleh neuropati, seperti B1. B6, B12 dan vitamin E.

Jika Anda membutuhkan asupan tambahan untuk mencegah kesemutan atau Rasa Kebas, Anda dapat mengonsumsi suplemen Neurobion. Suplemen Neurobion diketahui mengandung vitamin B kompleks seperti vitamin B1, B6, dan B12 yang penting untuk tubuh. neurobion disebut sebagai suplemen yang dapat membantu meningkatkan fungsi syaraf dalam tubuh dengan baik.

Jika Anda sedang mempertimbangkan konsumsi suplemen vitamin B kompleks, beberapa manfaat neurobion ini perlu diketahui. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan aturan minum hingga berbagai efek samping yang dapat ditimbulkan. Dengan mempertimbangkan beberapa hal tersebut, Anda bisa mengonsumsi suplemen neurobion dengan aman dan sehat.

Baca Juga: