Tour Objek Wisata Gunung Galunggung

objek-wisata-galunggung
Tour objek wisata Gunung Galunggung Tasikmalaya. Sibuk dengan pekerjaan hingga cukup lama tidak pernah berwisata. Kebetulan akhir pekan minggu kemarin beberapa teman alumni sekolah mengajak jalan-jalan berpariwisata ke Galunggung. Lokasinya berada di Propinsi Jawa Barat, tepatnya di kota Tasikmalaya. Ketinggian gunung mencapai 2.167 meter di atas permukaan laut, Gunung Galunggung dikenal sebagai salah satu gunung tertinggi di Indonesia dan termasuk gunung berapi. Terakhir meletus terjadi pada tanggal 5 Mei 1982.
Jarak dari kota Tasikmalaya menuju ke area Galunggung sepanjang 17 KM, kurang lebih setengah jam perjalanan menuju kesana dapat ditempuh menggunakan jalur darat. Selain pemandangan alam yang menarik dan menyegarkan mata bagi yang melihatnya, para wisatawan lokal yang berkunjung ke sana kebanyakan mereka yang berniat mandi di air panas dan ingin melihat kawah langsung dari jarak dekat.
Agar bisa mencapai kawah, perjalanan dapat ditempuh dengan melewati tangga yang cukup tinggi. Perlu sedikit kesungguhan dan semangat untuk menaikinya hingga ke puncak gunung, karena selain tinggi anak tangga yang harus dilewati cukup panjang pastinya melelahkan dan membuat kaki pegel bagi mereka yang tidak terbiasa berolah raga seperti saya.
tangga-puncak-galunggung
Meskipun perjalanan menaiki setiap anak tangga cukup melelahkan, namun ketika dapat mencapai puncak gunung rasa cape dan lelah terobati oleh rasa senang karena bisa melihat kawah Galunggung. Setiap hari libur seperti akhir pekan, kawasan ini selalu dipenuhi oleh wisatawan lokal baik para remaja maupun orang tua yang mengajak keluarganya liburan bareng.
Tidak hanya untuk melihat pemandangan indah di area kawah saja yang menjadi tujuan para wisatawan ke Gunung Galunggung, tetapi berendam di air panas yang konon dapat menyehatkan tubuh juga menjadi tujuan mereka yang datang ke kawasan ini. Termasuk saya sendiri, tidak ingin ketinggalan dan menyia-nyiakan waktu mumpung sedang berada di Galunggung ikutan berendam mandi di kawasan air panas.
air-panas-galunggung
Kawasan Gunung Galunggung cukup luas, kurang lebih mencapai 120 Hektaree. Tiket masuk per orang ke pemandian khusus air panas akhir 2014 ini Rp.10.000 rupiah. Tempat berendam air panas yang tersedia juga cukup banyak dan dibagi menjadi beberapa lokasi. Ada yang bisa untuk mandi bareng dan luasnya seperti kolam renang, ada juga tempat berendam air panas yang hanya cukup untuk beberapa orang saja.
Bahkan tidak sedikit pengunjung yang mandi langsung di aliran air sungai yang letaknya berada dipinggir tempat-tempat berendam. Rasanya menyenangkan berada di alam nyata diantara banyak wisatawan lain, berendam bersama kawan-kawan sambil menikmati udara segar dan pemandangan alam sekitar Galunggung.
puncak-galunggung
Kawasan objek wisata Gunung Galunggung ini dikelola oleh dua instansi yaitu Pemda Tasikmalaya dan Perum Perhutani. Untuk dijadikan sebagai tempat tujuan wisata bagi keluarga kawasan ini cukup memberikan pengalaman unik dan menarik. Jika Anda datang mengajak keluarga dan membawa makanan yang telah disiapkan dari rumah, bisa dinikmati bersama dengan menggelar tikar makan bareng di alam terbuka sambil menikmati pemandangan indah tentunya menyenangkan sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *