RajaBacklink

Cara Memilih Produk Perawatan Kulit yang Tepat Sesuai Jenis Kulit

9 Agu 2022  |  153x | Ditulis oleh : Admin
Cara Memilih Produk Perawatan Kulit yang Tepat Sesuai Jenis Kulit

Skincare atau produk perawatan kulit merupakan rangkaian perawatan kulit wajah yang tidak lepas dari kehidupan kaum wanita. Akan tetapi apakah Anda sudah memastikan bahwa skincare yang Anda gunakan tersebut cocok dengan kulit Anda? Untuk memastikannya, Yuk untuk Mama-Mama Cantik menyimak tips menemukan skincare yang tepat dan aman yang sesuai dengan jenis kulit.

Wanita Indonesia memiliki berbagai jenis kulit. Dan tentunya perawatannya pun berbeda-beda. sebelum memilih produk perawatan yang tepat untuk kulit, hal yang  utama yang perlu Anda lalukan adalah mengenali tipe atau jenis kulit Anda sendiri. Misalnya seperti kulit normal, kulit berminyak, kulit kering, kulit sensitif atau kulit kombinasi. Nah setelah Anda mengetahui jenis kulit Anda, maka terapkanlah tips berikut ini agar dapat memilih skincare yang tepat.

  • Tipe Kulit Normal

Jebis kulit normal cenderung netral dalam penggunaan berbagai produk perawatan kulit. Dan biasanya orang yang memiliki kulit normal  tidak memiliki pantangan apapun untuk bahan skincare yang mereka gunakan.

Kulit normal memiliki tingkat kelembaban yang pas, sehingga tidak mengalami masalah minyak berlebih atau kulit terasa kering dan jenis kulit ini jarang mengalami masalah apapun. Bagi Anda yang memiliki kulit jenis ini, Anda bisa memilih produk perawatan kulit dengan lebih bebas.

Untuk perawatan rutin Anda bisa melakukan scrubbing dan memakai masker agar kesehatan kulit tetap terjaga. Jika ingin lebih aman. Anda bisa mencoba untuk menggunakan masker bahan alami dan scrub alami.

  • Tipe Kulit Berminyak

Kulit berminyak terjadi karena produksi sebum atau minyak yang berlebihan dan menyebabkan tingkat kelembaban kulit menjadi cukup tinggi. Hal ini mengakibatkan pori-pori wajah wajah akan tersumbat dan meyebabkan berbagai masalah kulit seperti komedo, bruntusan dan jerawat.

Apabila Anda memiliki jenis kulit berminyak, maka carilah produk skincare yang tidak memiliki kandungan minyak dan biasanya kulit berminyak lebih cocok menggunakan produk perawatan yang bentuk gel.

  • Tipe Kulit Kering

Orang yang memiliki jenis kering, biasanya lebih rentan terhadap sejumlah masalah kulit tertentu. Seperti keriput, kerutan halus di bawah mata hingga terjadinya pengelupasan kulit atau kulit bersisik karena kurangnya produksi minyak. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kulit kering. Seperti paparan sinar UV, kurang tidur, pengaruh cuaca, pola hidup yang tidak sehat, hingga konsumsi alcohol dan merokok yang berlebihan.

Untuk mengatasi ini, Anda harus memilih produk perawatan kulit yang berfungsi untuk melembabkan. Jangan menggunakan produk skincare yang memiliki bahan dasar alcohol, karena alcohol akan membuat kulit Anda menjadi semakin kering. Usahakan Anda mencari produk skincare yang memiliki tekstur balm atau krim agar lebih mudah mengaplikasikannya.

Penting juga bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering untuk selalu menggunakan pelembab alami dari bahan-bahan yang mudah Anda temukan. Misalnya madu, lidah buaya atau the hijau. Bahan-bahan ini selain dapat melembabkan juga bermanfaat untuk membantu mengatasi kerutan di bawah mata dan menghilangkan keriput.

  • Tipe Kulit Kombinasi

Jenis kulit ini adalah perpaduan dari tipe lainnya. Biasanya, orang dengan kulit kombinasi memiliki ciri kulit berminyak pada area T-zone (dahi, hidung dan dagu) dan memiliki kulit kering atau normal pada bagian lainnya. Apabila Anda memiliki tipe kulit kombinasi, maka produk yang harus Anda pilih juga tidak bisa sembarangan.

Usahakan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar mendapatkan penanganan yang tepat. Karena jika salah memilih produk skincare justru dapat menimbulkan berbagai masalah pada kulit kombinasi. Misalnya membuat kulit tampak kusam, hingga mempercepat timbulnya penuaan dini.

  • Tipe Kulit Sensitif

Memiliki jenis kulit sensitive umumnya cenderung lebih sulit dalam memilih produk skincare yang cocok. Karena kulit sensitive lebih mudah mengalami masalah iritasi daripada tipe kulit lainnya. Dan kulit sensitive akan memberikan rekasi yang lumayan parah ketika menunjukkan tanda-tanda skincare tidak cocok pada kulit. Seperti kulit kemerahan, gatal-gatal, munculnya ruam dan kulit terasa panas.

Nah jika Anda mengalami tanda-tanda tersebut ketika menggunakan produk perawatan tertentu, maka segeralah hentikan penggunaannya. Agar lebih aman, cobalah untuk menggunakan Skincare Terbaik dengan kandungan bahan alami yang dibuat khusus untuk kulit sensitive.

Demikianlah pembahasan mengenai cara memilih produk skincare yang tepat dan aman sesuai dengan jenis kulit. Pilihlah produk skincare yang seuai dengan tipe kulit Anda dan pahami kandungan bahan yang terdapat di produk skincare tersebut, agar manfaatnya lebih efektif, tepat dan aman.

Berita Terkait
Baca Juga: