Hijab.id

Telkom Meluncurkan Layanan Big Data Bernama BigBox yang Dapat Digunakan Secara Nasional

18 Nov 2021  |  81x | Ditulis oleh : Admin
Telkom Meluncurkan Layanan Big Data Bernama BigBox yang Dapat Digunakan Secara Nasional

Telkom Indonesia memperkenalkan salah satu platform big data dengan nama BigBox yang diadakan secara daring. Big box sebagai produsen produk big data platform memiliki keinginan untuk mempermudah proses Satu Data Indonesia dengan sederhana, cepat dan murah. Dalam pemenuhan tujuan tersebut BigBox mengeluarkan Big One yang merupakan singkatan dari BigBox One Data, yaitu platform khusus untuk mengimplementasi SDI.

Layanan Big data memberikan solusi data yang komprehensif dan diharapkan dapat dimanfaatkan secara luas baik oleh lembaga pemerintah, BUMN, dunia usaha, dan masyarakat. BigBox akan digunakan untuk kalangan enterprise atau pun B2B dari berbagai sektor pemerintah, baik pusat maupun daerah. Platform ini akan menyediakan lingkungan data yang mudah untuk diintegrasi, diolah dan memiliki tingkat ketepatan analitik yang tinggi sehingga dapat menghasilkan insight untuk membantu pengambilan keputusan.

BigBox khusus diusung oleh Telkom untuk menjadi platform Satu Data Indonesia. BigOne dapat digunakan secara nasional sesuai dengan pencapaian yang diharapkan pemerintah. BigBox juga merupakan end-to-end Big data Indonesia platform vertical yaitu social media analityc platform (BigSocial), e-commerce analityc platform (BigCommerce) dan One data management platform (BigOne).

Dengan adanya fitur-fitur canggih yang terdapat di BigOne, pemerintah dapat dengan mudah mengimplementasikan satu data hanya dalam 3 hari, dalam jangka waktu tersebut pemerintah sudah dapat mengkorelasikan data yang tadinya masih manual hingga menjadi visualisasi dashboard dengan catatan selama data dan hubungan antar data yang dibutuhkan untuk membuat report telah tersedia.

Dalam mengimplemetasi Big One, tim BigBox menggunakan template framework yang berdasar pada Perpres no 39 tahun 2019 dan juga pemendagri 86 sehingga dipastikan implementasi dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan peraturan pemerintah.

Big One memiliki fungsi sebagai tools akusisi data pemerintah daerah karena mayoritas data pemerintah daerah tidak terstruktur dan masih manual.

Menggunakan Big One pemerintah daerah terbantu dalam mengimplementasi satu data dengan waktu yang cepat dan mudah serta dengan biaya yang murah dan menjadi solusi satu data indonesia. Big One menjalankan proses konsolidasi bersama dengan pemerintah untuk membuat peraturan satu data as a service yang diharapkan implementasi Satu Data menjadi jauh lebih mudah lagi.

Walaupun BigBox masih terbilang baru, namun sepanjang perjalanan pengembangannya BixBox telah teruji di berbagai use case implementasi big data. Salah satu diantaranya adalah proyek integrase 5.518 sumber data SPBU yang mengantarkan BigBox memperoleh berbagai penghargaan masional dan internasional.

BigBox meraih penghargaan seperti ASEAN Federation of Engineering Organization (AFEO), Data Impact Awards, APAC CIO Outlook, dan juga menerima penghargaan di ajang BUMN Milenial Innovation Summit 2020.

Baca Juga: