Hijab.id

Benarkah Hanya Karena Ikat Pinggang Terlalu Kencang Bisa Menyebabkan Kanker?

15 Nov 2020  |  56x | Ditulis oleh : Admin
Benarkah Hanya Karena Ikat Pinggang Terlalu Kencang Bisa Menyebabkan Kanker?

Ikat pinggang yang kita kenakan memang terkadang terasa tidak nyaman karena kurang kencang dan celana yang kita kenakan terpaksa harus ditarik lagi keatas lalu kencangkan kembali ikat pinggang, tanpa sadar ikat pinggang pun akan terlalu kencang.

Penelitian terbaru mengenai ikat pinggang yang terlalu kencang dikenakan ternyata akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Orang-orang yang melakukan hal ini akan berisiko lebih besar terkena kanker tenggorokan.

Pasti kita bertanya mengapa bisa hal yang terjadi di pinggang lalu berisiko terkena kanker tenggorokan? Seorang ahli dari Scotlandia percaya bahwa ikat pingggang ketat bisa memaksa asam lambung naik sampai tenggorokan yang pada akhirnya menyebabkan kerusakan.

Hal ini lah yang akan menyebabkan kemugkinan timbulnya kanker esofagus, para peniliti dari Glasgow dan Strathclyde Universitas dan Rumah Sakit Umum Selatan percaya bahwa risiko yang paling besar ada pada orang yang memiliki kelebihan berat badan.

Para peneliti ini sudah melakunan riset kepada 24 sukarelawan yang tidak memiliki riwayat refluks asam. Lalu peneliti melakukan pengukuran saat mereka menggunakan sabuk dan tidak pakai sabuk sebagai perbandingan.

Dari hasil penelitian tersebut akhirnya ditemukan hasil yaitu mereka yang menggunakan sabuk ketat lebih mngkin terkena refluks asam, terlebih jika mempunyai berat badan badan berlebih.

Lalu peneliti utama Profesor McColl dari Lembaga Glasgow University of kardiovaskular dan ilmu kedokteran mengatakan;

“Mengenakan sabuk ketat, terutama jika anda mempunyai kelebihan berat badan membuat kerusakan pada katup antara perut dan tenggorokan itu. Hal ini menyebabkanasam lambung bocor ke atas tenggorokan”.

Profesor McColl juga menjelaskan bahwa prevalensi kanker esofagus meningkat lebih cepat dari hampir semua kanker lainnya. Kanker ini terbilang langka di inggris dan kebanyakan kasus diderita orang dengan usia lanjut diatas 55 tahun.

Ada sekitar 8.200 orang yang mengalami penyakit ini di Inggris setiap tahunnya. Gejala awal yang sering terjadi adalah kesulitan menelan.

Acid refluks berhubungan dengan kanker dan dapat merusak sel-sel dalam kerongkongan, menyebabkan mereka berubah kemudian berkembang menjadi sel-sel kanker.

Jadi mulai dari sekarang jika harus memakai sabuk gunakanlah sewajarnya saja dan jangan sampai menyakiti diri sendiri, juga agar terhindar dari penyakit kanker tenggorokan.

Baca Juga: