AMIN

Cara Ampuh Lolos Beasiswa Kuliah Ke Luar Negeri

1 Okt 2023  |  74x | Ditulis oleh : Admin
beasiswa schoter

Menempuh pendidikan di luar negeri dengan beasiswa tentunya menjadi impian banyak orang. Jadi akan  semakin dekan  dengan  cita-cita dan memperoleh pekerjaan  sesuai dengan profesi yang diimpikan. Akan tetapi dalam proses ada banyak kendala,  salah satunya adalah masalah ekonomi. Oleh karena itu beasiswa menjadi alternatif dan solusi untuk melanjutkan pendidikan dan meraih mimpi.

Beasiswa Kuliah di Luar Negeri akan memberikan berbagai fasilitas diantaranya potongan biaya pendidikan  hingga selesai dan juga tunjangan hidup bahkan tempat tinggal. Beasiswa banyak diminati, otomatis persaingan sangat ketat dan peluang lolos seleksi beasiswa tidak mudah. Kamu perlu memiliki strategi jitu agar lolos seleksi beasiswa. Berikut ini beberapa tips agar lolos seleksi  beasiswa.

  • Update Informasi Beasiswa

Mendaftar beasiswa harus  memiliki perencanaan yang matang, salah satunya adalah update informasi beasiswa sedini mungkin. Semakin cepat kamu mendapatkan informasi beasiswa, semakin baik kamu melakukan persiapan apply. Caranya, kamu bisa membuka informasi dari website kampus, media sosial penerima beasiswa, atau update dari alumni beasiswa tersebut. Jangan sampai, persiapan matang malah melewatkan informasi beasiswa.

  • Timeline

Tips selanjutnya membuat timeline agar rencana mendaftar beasiswa tidak molor atau jadi berantakan. Kamu bisa membuat timeline terkait rencana yang kamu persiapkan untuk melamar beasiswa tertentu secara rinci. Kamu bisa membuat timeline yang sesuai dan berurutan, misal pembuatan cover letter, melengkapi berkas, dan membuat esai.

  • Lengkapi Berkas

Beasiswa tak lepas dari kelengkapan berkas sebagai persyaratan administrasi. Setiap program beasiswa, berbagai persyaratan ditetapkan bagi pelamar. Nah, kamu sebagai pelamar harus menyiapkan berbagai berkas yang diminta agar lolos seleksi beasiswa. Berkas yang lengkap akan membuka peluang kamu lolos ke tahap selanjutnya.

  • Ikuti Pelatihan

Persiapan yang bisa kamu lakukan yaitu mengikuti pelatihan mendapatkan beasiswa. Biasanya, pelatihan tersebut berlangsung singkat dan diisi oleh alumni penerima beasiswa. Alumni penerima beasiswa membagikan tips dan trik lolos seleksi beasiswa berdasarkan pengalaman pribadi. Kamu bisa belajar langsung dan menerapkan insight yang didapatkan dari kursus.

  • Teliti dan Cermat

Beasiswa memang tidak mudah didapatkan, diperlukan perjuangan dan pengorbanan. Oleh sebab itu, kamu harus teliti dalam mengikuti seleksi program beasiswa agar usaha yang telah kamu lakukan tidak gagal dengan sia-sia. Kamu harus teliti dan cermat dalam memahami persyaratan yang telah ditentukan.

  • Rekomendasi

Mendapatkan rekomendasi dosen merupakan salah satu cara agar pihak pemberi beasiswa mempertimbangkan kamu lolos seleksi beasiswa. Pilih dosen dengan kompetensi yang sesuai, memiliki jabatan struktural, bergelar master S2 atau doktor S3.

Untuk menerapkan cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri yang satu ini bisa kamu lakukan dengan memastikan bahwa kamu tidak mengikuti program beasiswa di manapun, kamu  memiliki prestasi secara akademik serta lulus sekolah atau kuliah tepat waktu, dan memiliki rekam perilaku yang baik. 

Selain itu, kamu juga perlu melengkapi dokumen yang dibutuhkan untuk mendapatkan beasiswa. Menerapkan cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri yang satu ini perlu kamu lakukan dengan mencari informasi di halaman website penyelenggara beasiswa. Biasanya kamu akan perlu melampirkan sertifikat TOEFL atau IELTS sebagai salah satu persyaratannya. 

Ingin berhasil lolos beasiswa kuliah di Universitas Luar Negeri  ? Yuk konsultasi  dengan konsultan  expert  Sghoters agar persiapan daftar beasiswa ke luar negeri lebih terarah.

Berita Terkait
Baca Juga: