RajaBacklink

Cara Mendapatkan Beasiswa untuk Gelar Master di Luar Negeri dengan Mudah

18 Des 2021  |  126x | Ditulis oleh : Admin
Cara Mendapatkan Beasiswa untuk Gelar Master di Luar Negeri dengan Mudah

Sebagian besar setiap mahasiswa yang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, mendapatkan beasiswa S2  luar negeri adalah impian terbesar. Selain untuk menambah pengalaman, output setelah belajar di luar negeri akan berdampak pada kemudahan pencapaian karir. Hal ini karena banyaknya perusahaan yang lebih berminat pada lulusan luar negeri.

Kesempatan untuk mendapat beasiswa luar negeri tentunya selalu ada. Hanya saja peluang untuk mendapatkan beasiswa tersebut masih cukup sulit. Padahal sebenarnya kesempatan untuk melanjutkan jenjang S2 keluar negeri termasuk mudah, jika mengetahui triknya. Untuk mendapatkan beasiswa S2 keluar negeri, Anda perlu mengetahui bagaimana caranya agar bisa mendapatkan beasiswa untuk menempuh gelar Master di luar negeri dengan mudah. Berikut ini beberapa langkah yang harus Anda tempuh.

  • Melakukan Riset Tentang Universitas dan Bidang Study yang Diminati

Setelah lulus S1, tidak ada salahnya untuk menambah pengalaman dengan bekerja di sekotor apapun. Sambil menunggu pengajuan Beasiswa untuk menempuh gelar Master di luar negeri di proses. Tetapi ada baiknya usahakan bekerja sesuai dengan bidang peminatan yang diambil untuk kuliah S2. Hal ini akan mempermudah keberhasilan mendapatkan beasiswa.

  • Berkonsultasi dengan yang Berpengalaman

Apabila sudah sangat bingung sekali ketika ingin mencoba daftar beasiswa S2 ke luar negeri ada cara paling mudah. Coba saja bertanya langsung pada orang-orang yang sebelumnya pernah mencoba dan terbukti berhasil. Cara berkenalan dengan orang tersebut bisa dengan bergabung pada forum-forum atau lembaga edukasi yang memfasilitasi kegiatan beasiswa.

  • Usahakan Memiliki Pengalaman Kerja Sesuai Bidang yang Diminati

Setelah lulus S1, tidak ada salahnya untuk menambah pengalaman dengan bekerja di sektor apa pun. Sambil menunggu pengajuan Beasiswa untuk menempuh gelar Master di luar negeri diproses. Hanya saja, usahakan bekerja sesuai dengan bidang peminatan yang diambil untuk kuliah S2. Hal ini jelas

  • Perbanyak Menulis Karya Ilmiah

Sebagai informasi saja, bahwa bukan pengalaman kerja saja yang dapat mendukung keberhasilan mendapatkan beasiswa S2 di luar negeri. Pengalaman menulis karya ilmiah juga ternyata bisa sangat membantu. Maka, ada baiknya perbanyak menulis karya ilmiah atau jurnal yang berhubungan dengan bidang studi.

Coba juga dengan menulis buku atau beberapa essay yang juga harus masih ada kaitannya dengan bidang studi yang dipilih. Tidak ada salahnya mulai memikirkan rencana untuk membuat penelitian saat menjalani studi S2 nanti.

  • Persiapan Tes TOEFL dan IELTS

Untuk bisa belajar di luar negeri, tentu syarat utama adalah mahir berbahasa asing. Oleh sebab itu, kemampuan tersebut bisa dilihat dari tes TOEFL serta IELTS. Skor untuk tes TOEFL adalah minimal 550, sedangkan IELTS minim harus 6,0. Meskipun begitu, kemungkinan besar, setiap universitas di luar negeri akan menerapkan syarat yang berbeda-beda.

Lalu bagaimana jika ingin menempuh pendidikan di negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama? Cobalah untuk belajar bahasanya sehingga bisa mendapatkan nilai tambah. Misalnya ingin dapat beasiswa di universitas Cina, jadi perdalam bahasa mandarin, sehingga peluang akan diterima makin besar.

  • Ada surat Rekomendasi

Adanya surat rekomendasi pun sangat mendukung pencapaian keberhasilan mendapatkan beasiswa S2 luar negeri. Surat rekomendasi ini akan memberikan kepercayaan pada para penilai jika memang pemohon benar-benar punya kemampuan. Pada umumnya, surat rekomendasi yang dikhususkan untuk kepentingan beasiswa luar negeri harus ditulis oleh minimal 2 orang.

Maka dari itu, ada baiknya pilih 2 orang untuk menulis surat rekomendasi tersebut. Pastikan keduanya masih terkait dengan bidang studi yang dipilih. Mungkin dari pihak dosen, atau bisa juga atasan kantor tempat kerja. Biasanya, pihak-pihak seperti ini akan membantu menonjolkan kemampuan positif yang dimiliki.

Desmikianlah informasi bagaimana cara untuk mendapatkan Beasiswa menempuh gelar Master di Luar negeri. Ada banyak hal yang perlu dilakukan nulai dari persiapan IELTS dan persiapan tes TOEFL, memperbanyak karya ilmiah dan sebagainya. Untuk mendapatkan segala kemudahan memperoleh beasiswa untuk gelar Master Luar negeri, Anda bisa menggunakan Platform Studi Luar Negeri No. 1 di Indonesia Schoters, yaitu platform bimbingan keluar negeri terlengkap dan terpecaya.

Baca Juga: