RajaBacklink

Jenis Jenis Kopi Yang Wajib Di Ketahui Barista

15 Apr 2022  |  100x | Ditulis oleh : Admin
Jenis Jenis Kopi Yang Wajib Di Ketahui Barista

Sebenarnya ada sekitar 20an jenis kopi yang ada di dunia ini, tetapi hanya empat jenis kopi yang paling terkenal di dunia perkopian atau dunia perdagangan biji kopi. Ke empat jenis kopi itu adalah Kopi Arabika, Kopi Robusta, Kopi Liberica dan satu lagi yaitu Kopi Excelsa.

Sekarang mari kita bahas jenis kopi tersebut dan apa perbedaan serta kelebihan masing-masing kopi tersebut:

1.Kopi Arabica

Kopi Arabica berasal dari wilayah Ethiopia dan di bawa oleh pedagang arab ke Yaman. Di jaman itu bangsa arab yang mempopulerkan penyeduhan ekstrak biji Kopi Arabica dengan air panas yang bertujuan untuk mendapatkan minuman yang menyegarkan. Kopi Arabica merupakan jenis kopi pertama yang ditemukan dan di budidayakan oleh manusia sampai masa sekarang ini.Setelah populer di tanah arab , baru lah memasuki abad ke 5 biji Kopi Arabica menyebar ke daratan Eropa dan menjadi populer hingga saat ini.

Pohon kopi jenis Arabica ini tumbuh baik di ketinggian 700-1700 m dpl [diatas permukaan laut] dengan suhu udara sekitar 16-20 derajat celcius. Kelemahan dari pohon kopi jenis arabica adalah rentan terhadap serangan penyakit HV Hemileia Vastratic atau lebih di kenal dengan penyakit karat daun yang bisa mengganggu produksi buah kopi. Biji kopi jenis arabica ini memiliki kualitas yang lebih baik di bandingkan jenis lainnya. Kandungan kafein dari kopi arabica cocok bagi penikmat kopi yang menyukai kadar kafein yang rendah, kandungan kafein nya hanya 0,8 % sampai 1,5% dari berat totalnya. Kopi Arabica saat ini menguasai sebagian besar pasar kopi dunia, Di tanah air kopi jenis ini banyak kita jumpai mulai dari aceh sampai ke tanah papua.

2. Kopi Robusta

Kopi ini bernama latin  Coffea Canephora, di temukan pertama kali di daerah kongo dataran afrika pada sekitar tahun 1898. Kemunculan Kopi Robusta ini sebagai alternatif kopi arabica, Arabica yang terkenal rentan terhadap hama penyakit pada saat itu tergantikan oleh Robusta. Kopi Robusta lebih tahan terhadap hama dan berbagai macam penyakit . Jenis kopi ini dapat tumbuh di ketinggian 400-700 m dpl, dengan suhu 21-24 derajat celcius.

Kelemahan dari kopi jenis Robusta antara lain rasanya yang kurang mantab dan cenderung lebih pahit di bandingkan Arabica. Sehingga harganya di pasaran kopi menjadi lebih murah di bandingkan kopi Arabica,sehingga di indonesia kopi jenis ini di kenal dengan kopi murah.

3. Kopi Liberica

Kopi Liberica bernama ilmiah Coffea Liberica Var berasal dari daerah Liberia , Afrika Barat. Sejarah Kopi Liberica masuk ke tanah air di bawa oleh bangsa Belanda dengan tujuan untuk menggantikan tanaman kopi jenis arabica yang terserang wabah karat daun pada saat itu. Akan tetapi ternyata kopi jenis Liberica ini pun tidak mampu bertahan dari wabah penyakit kopi ini.

Kopi Liberica mempunyai kualitas buah yang relatif rendah, namun kopi jenis ini mampu berbuah sepanjang tahun dan dapat tumbuh pada lebih baik di dataran rendah.

Kopi ini di budidayakan terbatas , tidak sebanyak Arabica dan Robusta. Di tanah air kopi jenis Liberica banyak di temukan di daerah Jambi dan Bengkulu, tepatnya di wilayah Tanjung Jabung.

4. Kopi Excelsa

Kopi jenis Excelsa merupakan varian jenis kopi yang ada di Indonesia. Kopi Excelsa berasal dari daratan Afrika Barat. Pertama kali di temukan di dekat danau chad. Kopi jenis ini sangat cocok di budidayakan di dataran rendah yang cenderung basah. Kopi ini memang tidak setenar kopi Arabica atau Robusta yang telah menjadi kebutuhan di pasar dunia, padahal kopi Excelsa ini tidak lah kalah menariknya di banding dua varian tersebut. Kopi Excelsa mempunyai rasa yang unik tersendiri, Aroma kopi ini sangat tajam ,perpaduan rasa asam,manis, asin, dan juga sepat dan gurih menjadi ciri khas dari kopi excelsa ini. Banyak yang bilang Aroma kopi Excelsa ini mirip dengan harumnya buah nangka.

Baca Juga: