Hijab.id

Tips Ketika Ingin Membeli Laptop Baru

31 Mei 2022  |  192x | Ditulis oleh : Admin
Tips Ketika Ingin Membeli Laptop Baru

Untuk para pekerja kantoran atau pun pelajar dan mahasiswa, laptop merupakan kebutuhan yang utama guna menunjang aktifitas sehari-hari. Laptop telah menjadi perangkat yang mempunyai fungsi lengkap, laptop dapat berfungsi untuk menemani belajar, bekerja maupun saat Anda membutuhkan hiburan. Di masa sekarang ini telah banyak toko laptop, baik online maupun offline yang menjual laptop dengan beragam macam model dan juga berbagai tingkat harga. Nah jika anda sekarang berniat untuk membeli laptop baru, berikut ini kami mencoba memberikan tips-tips dalam membeli laptop baru yang dapat Anda pertimbangkan.

       Size atau Ukuran Layar Laptop

Size atau ukuran layar laptop salah satu yang wajib anda pertimbangkan jika ingin membeli sebuah laptop. Ukuran layar laptop tentunya akan mempengarui ukuran atau dimensi dari laptop tersebut. Di sarankan untuk memilih laptop yang sesuai untuk Anda, Apabila Anda seorang yang sering berpergian membawa laptop, pilihlah laptop dengan ukuran kecil. Dengan laptop ukuran kecil dan ringan, anda bisa mobile, berpindah dengan mudah di karena kan laptop berukuran kecil dan ringan.

Laptop dengan ukuran layar 12,5 inchi hingga 13,3 inchi dapat menjadi pilihan anda yang beraktifitas mobile. Laptop dengan dimensi seperti ini mempunyai berat antara 1 kg hingga 1,5 kg. Kendala yang ada dengan ukuran tersebut adalah, jarang yang mempunyai spesifikasi yang benar-benar kencang. Apabila Anda membutuhkan laptop yang bertenaga tinggi, baik untuk urusan desain atau hanya sekedar buat gaming, mau tidak mau, Anda memilih laptop dengan ukuran besar. Dikarenakan untuk menyimpan komponen yang bertenaga besar di butuhkan space tempat yang besar pula. Biasanya laptop semacam ini mempunyai dimensi 14 inchi sampai dengan 17,3 inchi, dengan berat bisa mencapai 2 kg.

       Desain Dari Laptop

Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, laptop pun ikut memiliki berbagai inovasi terutama dalam hal desain. Jika era sebelum nya laptop mempunyai dimensi yang tebal, kini anda dapat menemukan laptop dengan dimensi yang super tipis. Kalau dulu layar dan keyboard menyatu, kini sudah banyak layar yang dapat berputar 360 derajat, bahkan kini ada model 2–in-1 yang memungkinkan layar dan keyboard di lepas pasang.

Dengan desain yang unik dan futuristik memang dapat membuat orang-orang melirik. Namun yang sebenarnya yang harus di perhatikan adalah ketahanan nya, terutama pada bagian engsel. Apakah desain nya cukup solid dan tahan banting?. Dan pastikan juga anda mengetahui jenis layar yang di gunakan, resolusinya, dan juga sudut pandang penglihatan dari layar. Sebagai contoh, jika anda membutuhkan laptop untuk mengerjakan grafis, maka dapat memilih laptop dengan panel display jenis IPS (In Plane Switching) yang mempunyai ketajaman dan akurasi warna yang sangat bagus, dan juga mempunyai sudut penglihatan yang luas. Tentunya yang tidak dapat kita pungkiri,laptop yang mempunyai layar yang mumpuni , pasti memiliki harga yang tidak murah.

  • Spesifikasi internal Dari Laptop

Spesifikasi internal dari laptop merupakan suatu hal yang sangat penting di pikirkan sebelum Anda membeli laptop baru. Sekurangnya ada empat yang dapat di pertimbangkan, yakni : tipe prosesor, RAM, VGA, dan kapasitas media penyimpanan.

Terdapat dua vendor prosesor yang paling di andalkan saat ini , yaitu Intel dan AMD. Keduanya mempunyai berbagai varian produk yang di hargai dalam berapa tingkatan, dari yang harga satu jutaan, sampai bisa harga belasan juta rupiah. Sebagai contoh, jika laptop Anda banyak di gunakan hanya untuk mengetik dan browsing rasanya cukup menggunakan Intel Core i3 . tetapi jika untuk pekerjaan mengedit video 4K, anda butuh Intel Core i7.

RAM juga merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja dari laptop. Semakin besar RAM, kinerja laptop untuk kebutuhan multitasking akan semakin besar. Seperti contoh ,saat ini window 10 setidaknya membutuhkan RAM 8 GB.

Sekarang ini kebanyakan laptop tidak di bekali lagi dengan VGA tambahan. Di karenakan sekarang kebanyakan prosesor sudah di bekali dengan chips grafis yang sudah cukup bagus. Namun jika laptop di buat bermain game, sebaiknya memilih laptop yang di bekali dengan VGA tambahan, karena akan lebih kuat. Yang harus di perhatikan terakhir adalah kapasitas media penyimpanan. Semakin besar kapasitas media penyimpanan, tentunya makin banyak file yang bisa di simpan. Namun Anda dapat pula menyiasati laptop yang berkapasitas penyimpanan kecil dengan membeli external storage. Semakin tinggi spesifikasi yang di pilih akan berdampak pula kepada harga laptop tersebut, pastikan memilih spesifikasi yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

  • Kekuatan Baterai

Kekuatan baterai atau daya tahan baterai adalah salah satu yang perlu pertimbangan juga dalam membeli laptop baru. Sebagian besar laptop yang berada di pasaran mempunyai daya tahan baterai sekitar 6-8 jam. Ketahanan baterai agak sulit di ukur, karena tergantung pemakaian dari laptop tersebut, aplikasi yang di jalan kan serta jenis prosesor yang di pakai menjadi faktor yang berpengaruh terhadap daya tahan baterai. Pastikan anda mengetahui cara perawatan baterai laptop agar performa baterai tetap oke selama anda gunakan laptop tersebut. Misalnya tidak men charger terus menerus, tidak menunggu baterai sampai benar-benar habis atau 0%, baru di charger dan sebagainya.

  • Konektifitas yang lengkap Dari Laptop

Di era serba internet sekarang kebutuhan akan wifi menjadi yang utama, maka dari itu di sarankan mencari laptop dengan kelengkapan konektivitas. Selain laptop yang di bekali dengan koneksi wifi , setidaknya pilihlah laptop yang mempunyai tiga buah port USB. Serta harus juga memilih laptop yang mempunyai port pendukung LAN, dan HDMI atau VGA.

Selain lima hal yang di bahas di atas, anda juga wajib memperhatikan soal garansi, serta layanan purna jual seperti service laptop dan lainnya. Apabila Anda saat ini sedang mencari laptop, kami menyarankan untuk membeli nya di toko laptop yang  terbaik , terpercaya dan juga lengkap. Salah satu yang kami rekomendasikan adalah toko laptop Sodagar Komputer. Karena sodagar komputer adalah toko yang menjual laptop, komputer, printer, projektor, aksesoris, sparepart, hardware dan juga ATK yang terbaik, terlengkap dan terpercaya.

Selain menyediakan laptop dengan berbagai spesifikasi dan merk-merk ternama seperti ASUS, Lenovo, Acer, HP, dan Axioo, Sodagar Komputer telah di percaya juga sebagai perwakilan service center dari merk- merk tersebut.di samping itu sodagar komputer juga menangani service laptop merk lain nya seperti Dell, Samsung,Toshiba, Apple mcbook, fujitsu Dan lain-lain. Selain itu sodagar komputer juga melayani jasa service komputer dan printer. Untuk lebih jelasnya Anda dapat mengunjungi website nya di www.sodagarkomputer.com.

Berita Terkait
Baca Juga: