Hijab.id

Tips Untuk Membuat Anak Menjadi Pribadi Yang Mandiri

7 Okt 2020  |  32x | Ditulis oleh : Admin
Tips Untuk Membuat Anak Menjadi Pribadi Yang Mandiri

Anak memang masih sangat belum mengerti apapun soal bagaimana mereka harus mengerjakan segala sesuatu sendiri. Anak hanya tahu orang tua mereka akan membantu. Namun tidak ada salahnya untuk mendidik anak menjadi anak yang mandiri. Dengan mendidik anak menjadi mandiri, mereka akan bisa menyelesaikan masalahnya. Anak juga tidak akan terlalu tergantung dengan orang tua kedepannya. Terkadang kita sebagai orang tua sulit sekali melatih anak untuk mandiri. Tentu saja ada faktor yang membuat anak menjadi tidak mandiri. Kita terlalu membantu anak misalnya ketika anak tidak bisa melakukan sesuatu. Nah untuk melatih anak agar mandiri, anda bisa mengikuti tips berikut ini.

  • Biasakan Memakai Baju Sendiri

Hal pertama yang bisa membuat anak anda menjadi pribadi yang mandiri adalah dengan membuat anak memakai bajunya sendiri. Dari mulai memilih bajunya sendiri hingga mengenakan bajunya sendiri. Anda bisa mencontohkan saja kemudian anak menirunya. Menggunakan baju sendiri juga bisa melatih kreatifitas anak. Dikarenakan anak akan bisa memadu padankan warna dari baju yang mereka pilih. Anak juga jadi berkreatifitas dengan gambar pada baju mereka. Nah untuk anak anda yang masih terlalu kecil, anda bisa membantunya sedikit saja.

  • Biarkan Anak Menyelesaikan Kesulitannya Terlebih Dahulu

Anak-anak memang masih belum tahu bagaimana mengatasi kesulitannya. Maka terkadang kita sebagai orang tua gemas jika tidak membantunya. Padahal anda bisa membiarkan anak untuk mencari tahu sendiri bagaimana menyelesaikan kesulitan yang sedang mereka hadapi. Jadi misalnya anak tidak tahu bagaimana harus mengambil mainan di tempat yang lumayan tinggi. Nah biarkan saja, anak akan berpikir untuk mencari cara mengambilnya. Tetapi anda tetap awasi dari jauh. Jika anda tidak awasi, ditakutkan anak anda menggunak benda atau peralatan yang berbahaya. nah anda juga bisa memberikan kode pada anak anda saja jika anak anda kebingungan bagaimana mengatasinya.

  • Biasakan Anak Membereskan Mainannya

Anak-anak pasti bermain mainannya dengan acak. Jadi seiisi rumah bisa penuh dengan mainan. Nah jika anak sedang mainan jangan hentikan mereka untuk bermain rapih. Rumah yang penuh dengan mainan tandanya anda orang tua yang hebat. Namun jika sudah selesai bermain dan anak anda tidak akan memainkannya lagi. Anda  bisa mengajak anak untuk membereskan mainannya sendiri. Pertama memang anda membantu. Nantinya anak akan terbiasa membereskan mainannya sendiri. Pilih waktu sebelum tidur siang dan malam misalnya untuk membereskan mainan. Jika tidak bisa keduanya, pilih salah satu waktu saja.

  • Biarkan Anak Makan Sendiri

Cara keempat yang bisa anda lakukan untuk membuat anak anda menjadi pribadi yang mandiri adalah dengan membuat anak makan sendiri. Di luar negeri , memang anak dari umur 6 bula saat MPASI. Anak mereka duduk di kursi makan anak dan makan sendiri. Makanan yang dipilih juga langsung brokoli rebus dan lainnya. Berbeda dengan di Indonesia yang hingga sekolah menengah kadang masih disuapi. Nah untuk melatih anak anda mandiri. Anda biarkan anak makan sendiri. Siapkan saja sendok anak yang kecil. Nah jika akhirnya anak makan dengan tangan, tidak apa-apa. Biasakan dulu saja anak makan sendiri. Anak yang makan sendiri juga biasanya memang berantakan sekali. Nasi dan lauk berserakan dan pastinya membuat meja makan atau lantai rumah anda kotor. Nah jangan langsung dibereskan, biarkan dulu hingga anak selesai makan.

Baca Juga: