RajaBacklink

Inilah 5 Tips Merawat Hijab Bahan Voal Agar Awet

10 Agu 2020  |  131x | Ditulis oleh : Admin
Inilah 5 Tips Merawat Hijab Bahan Voal Agar Awet

Belakangan ini hijab berbahan voal sangat hits dikalangan hijaber. Banyak selebgram maupun artis yang menggunakan hijab berbahan ini. untuk merawat hijab jenis bahan ini memerlukan cara khusus agar tidak mudah rusak. Model dan warnanya yang beragam membuat hijab jenis ini banyak diminati para hijabers. Mulai dari yang polos hingga bermacam motif. Bahannya yang adem dan mudah dibentuk menjadi keunggulan hijab ini. Berikut ini beberapa tips merawat hijab berbahan voal agar awet yang bisa kamu lakukan.

1.Cuci Dengan Tangan                                                                            

Mencuci menggunakan mesin cuci walaupun lebih praktis dan efisien ternyata tidak selamanya baik. Karena secara tidak langsung mesin cuci dapat merusak serat-serat kain. Terlebih cara mencuci menggunakan mesin cuci tidak dapat sepenuhnya dapat dikontrol tekanannya. Mencuci dengan menggunakan tangan dapat membuat kita lebih berhati-hati saat mencuci hijab. Dan biasanya, hijab tidak terlalu kotor jadi tidak perlu mengucek hijab terlalu keras, cukup dibilas saja.

2. Menggunakan Shampoo Pada Saat Mencuci

Mencuci dengan menggunakan shampoo, karena shampoo dapat menjaga serat kain lebih baik dibandingkan menggunakan detergen bubuk ataupun cair. Shampoo akan membantu meluruhkan minyak dan noda, tetapi tetap bersifat lembut. Memang akan sedikit lebih repot karena harus memisahkan hijab voal dengan cucian lain. Tetapi tidak ada salahnya jika kamu memiliki waktu yang cukup untuk mencoba cara tersebut.

3. Jemur di Tempat yang Teduh

Sebenarnya panas matahari bukanlah faktor utama dalam hal menjemur kain. Tetapi, adanya perpindahan massa yang terjadi antara air dalam kain menuju udara. Hijab voal memiliki kualitas warna yang berbeda. Khususnya hijab voal motif, tidak semua warna hasil print atau sublime memiliki kualitas baik. Sinar matahari dapat membuat warna pada kain cepat pudar. Menjemur hijab dapat dilakukan di dalam ruangan atau di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

4. Setrika Dengan Suhu Sedang

Hampir sama seperti menjemur di bawah sinar matahari langsung, menyetrika hijab voal dengan suhu tinggi dapat merusak warna kain. Selain warnanya yang akan mudah pudar, suhu tinggi pada setrika dapat merusak serat-serat kain juga. Cukup setrika dengan suhu sedang relatif rendah saja. Agar hijab tidak terlalu lecek dan tidak sulit saat menyetrika adalah usahakan saat menjemur tidak banyak lipatan.

5. Simpan Dengan Cara Menggantung

Dalam hal penyimpanan ini juga perlu diperhatikan agar hijab tetap awet. Simpan hijab dengan cara digantung dan letakkan di tempat aman jauh dari ngengat. Jika ingin dimasukkan di dalam lemari pastikan jika lemari tidak dalam kondisi lembab. Melipat dan menumpuk hijab dengan baju-baju lain akan membuat hijab lebih cepat kusut.

Itulah beberapa tips merawat hijab berbahan voal yang bisa kamu coba dirumah. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: