RajaBacklink

Cara Mudah Mencegah Kanker Payudara

10 Sep 2020  |  92x | Ditulis oleh : Admin
Cara Mudah Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan penyakit yang terjadi saat sel sel ganas kanker terbentuk di jaringan payudara. Bagi wanita, kanker payudara menjadi salah satu musuh terbesarnya. Yang pastinya penyakit kanker payudara ini sangat ditakuti oleh kaum hawa. Sebenarnya supaya wanita dapat terhindar dari penyakit kanker payudara, adakah cara yang bisa dilakukannya? 

Sebenarnya untuk mencegah kanker payudara ini bisa dimulai dengan menerapkan gaya hidup sehat. Jika kamu merasa sangat khawatir dan waswas akan resiko terkena kanker payudara, maka sudah sepatutnya kamu mencari cara untuk mencegahnya. Berikut dibawah ini 6 cara mudah mencegah kanker payudara diantaranya yaitu : 

1. Deteksi Dini

Cara pertama dan sangat utama untuk mencegah kanker payudara adalah dengan melakukan 6 SADARI (Pemeriksaan Panyudara Sendiri). Pasalnya sebagian wanita yang mengidap kanker payudara ternyata tidak merasakan gejala apapun. 

Cobalah melakukan pemeriksaan sendiri tentang apakah adanya perubahan pada payudara. Setelah itu jalani medical check-up, hingga dilakukannya mammogram (tes menggunakan sinar x-ray, untuk melihat bagian payudara), sehingga kamu dapat mendeteksi kanker payudara sedini mungkin. 

2. Menghindari Alkohol

Beberapa penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi minuman beralkohol seperti bir atau anggur merah dapat memicu meningkatnya produksi hormone penyebab kanker payudara, didalam tubuh wanita. Konsumsi alkohol juga beresiko tinggi meningkatkan produksi hormone estrogen. Yang perlu diketahui adalah hormon estrogen yang berlebihan dalam tubuh, seringkali dikaitkan dengan perkembangan sel kanker payudara. 

3. Tidak Merokok

Jika kamu wanita yang tidak merokok, maka pertahankan. Tetapi jika kamu wanita perokok aktif, segera hentikan kebiasaan burukmu itu. Pasalnya adanya sebuah penelitian yang menemukan bahwa hubungan antara merokok, dan peningkatan risiko kanker payudara, pada wanita muda atau mereka yang belum menopause. 

Penelitian juga membuktikan bahwa perokok pasif yang sering terpapar asap rokok juga beresiko tinggi terserang kanker payudara. Oleh karena itu, sebelum terlambat, berhentilah merokok dari sekarang. 

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Memiliki berat badan yang berlebihan atau obesitas dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara. Terlebih lagi jika yang mengalami obesitas ini wanita yang sudah menopause. Salah satu alasan yang menyebabkan obesitas dapat meningkatkan risiko kanker payudara adalah karena berlebihannya jaringan lemak. Dimana akan meningkatnya produksi hormonm estrogen dalam tubuh wanita. 

Selain itu wanita yang memiliki berat badan berlebih juga cenderung tinggi hormon insulin didalam tubuhnya. Saat hormon insulin ini berlebihan maka dapat meningkatkan resiko kanker payudara. 

5. Berolahraga Secara Teratur

Kamu juga harus aktif secara fisik, dalam arti berolahraga secara teratur. Ini bisa menjadi cara mencegah kanker payudara yang sangat penting. Pasalnya saat berolahraga dan berkeringat, maka dapat membantu kamu menjaga berat badan tubuh yang ideal. Wanita dewasa yang sehat direkomendasikan untuk menargetkan olahraga aerobik berintentisitas sedang selama 150 menit. Atau melakukan aerobik berintensitas tinggi selama 75 menit, lakukan dalam waktu satu minggu. 

6. Menyusui

Seorang wanita saat nanti memiliki anak, kemungkinannya akan menyusui anaknya setiap hari. Menyusui ternyata memiliki efek yang sangat kuat dalam mencegah terjadinya kanker payudara. Sebuah penelitian menyatakan bahwa menyusui dapat membantu menurunkan risiko terserang kanker payudara. Pasalnya laktasi akan tertunda saat wanita mulai mengalami menstruasi lagi, setelah melahirkan. Hal tersebut dapat membantu menurunkan paparan hormone estrogen, didalam tubuh. 

Selain itu masih ada cara mudah lainnya untuk mencegah kanker payudara yaitu dengan menghindari paparan radiasi dan polusi lingkungan. 

Baca Juga: