RajaBacklink

Kenali Jenis, Fungsi dan Distributor Mesin Pemotong Kertas Terbaik Untuk Percetakan

16 Okt 2021  |  146x | Ditulis oleh : Admin
Kenali Jenis, Fungsi dan Distributor Mesin Pemotong Kertas Terbaik Untuk Percetakan

Hampir semua orang tidak asing dengan yang namanya mesin pemotong kertas. Mesin pemotong kertas adalah mesin yang memotong dengan rapi seluruh berkas Anda. Biasanya mesin pemotong kertas dapat kita temukan dengan mudah di toko foto copy dan juga di toko digital printing atau percetakan.

Apabila Anda ingin membuka usaha foto copy atau percetakan, ada baiknya Anda memiliki alat ini, karena alat ini adalah salah satu alat yang penting dan wajib dimiliki. Mesin pemotong kertas dapat mempermudah Anda dalam memotong dan juga merapikan dokumen bahkan dapat juga memotong kertas dengan jumlah yang tebal.

Jika Anda membutuhkan mesin pemotong yang mampu memotong file ketebalan maksimum, Anda bisa membeli mesin pemotong kertas dari merek terkenal karena sebagian besar mesin pemotong kertas bermerek diketahui memiliki hasil yang berkualitas dengan baik.

Mesin pemotong kertas memiliki beberapa fungsi seperti:

  1. Memotong kertas menjadi berbagai jenis ukuran sesuai kebutuhan masing-masing
  2. Memadatkan tumpukan kertas yang akan dijilid sehingga lebih rapi. Hal ini nantinya dapat membantu membuat hasil penjilidan menjadi lebih kuat
  3. Memotong dan merapikan pinggir kertas agar terlihat lebih rapi dan bebas dari serat-serat kertas yang menonjol

Mesin pemotong kertas memiliki bermacam jenis disesuaikan dengan kebutuhannya. Jika berdasarkan jenis pisau pemotong kertas, mesin pemotong kertas dibagi menjadi dua, yaitu :

  • Rotary trimmer, adalah jenis pisau potong kertas yang menggunakan pisau bulat yang penggunaannya digeser sepanjang kertas.
  • Guillotine, adalah mesin yang menggunakan jenis pisau pemotong kertas yang ditekan ke bawah ketika memotong kertas.

Mesin pemotong kertas jika berdasarkan cara pengoperasiannya terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Manual, yaitu mesin pemotongan kertas yang pengoperasiannya dilakukan secara manual. Dan jumlah kertas yang dapat dipotong juga terbatas. Mesin dengan jenis ini paling banyak ada di tempat fotocopy dan percetakan kecil.
  • Otomatis, yaitu mesin potong kertas yang pengoperasiannya dilakukan oleh mesin. Operator hanya perlu mengatur settingan mesin dan mesin akan memotong kertas secara otomatis. Jumlah kertas yang dipotong menggunakan mesin otomatis biasanya banyak.

Dalam memilih mesin pemotong kertas sebaiknya sesuai dengan kebutuhan. Nah sebelum memilih mesin pemotong kertas yang baik, simak beberapa tips ini sebagai pertimbangan untuk Anda agar Anda tidak salah memilih.

  • Frekuensi Penggunaan Mesin

Sesering apa mesin potong kertas diperlukan Anda. Apabila penggunaannya ditujukan untuk percetakan yang memerlukan skala besar, bisa menggunakan mesin potong kertas yang otomatis. Pengoperasiannya cepat dan dapat digunakan untuk memotong banyak kertas.

Tetapi jika penggunaannya hanya untuk pribadi atau usaha fotocopy dirumah yang jarang dipakai, mesin pemotong kertas manual bisa Anda gunakan. Dan biasanya mesin ini digunakan untuk memotong kertas yang tidak terlalu banyak.

  • Hasil Potongan

Pisau potong yang ada di mesin potong kertas, boasanya bisa diganti sesuai dengan hasil yang diinginkan. Misalnya ada pisau jenis short wave yang bisa memotong kertas menjadi bergelombang, atau pisau perforated yang memotong kertas dengan adanya garis putus-putus dipinggir kertas. Oleh karena itu pastikan memilih mesin pemotong kertas sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Spesifikasi Mesin

Setiap mesin pemotong kertas memiliki spesifikasi yang berbeda-beda antara mesin yang satu dengan yang lainnya. Pelajari terlebih dahulu spesifikasinya, sepert berapa jumlah kertas yang bisa dipotong, bagaimana kemampuannya, ukuran kertas apa yang bisa dipotong, sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  • Ukuran Kertas

Mesin pemotong kertas memiliki beberapa ukuran sesuai dengan ukuran yang akan dipotong. Perhatikan kebutuhan sebelum Anda membeli mesin potong kertas., karena terdapat mesin pemotong kertas yang berukuran untuk kertas A4 atau A3.

Jika saat ini Anda sedang mencari dan membutuhkan mesin pemotong kertas terbaik dan berkualitas, Anda bisa mendapatkanya di Maxipro. Distributor mesin percetakan terbaik dan terlengkap di Indonesia. Maxipro menyediakan mesin potong kertas dengan kemampuan memotong kertas yang berbeda-beda dan dengan berbagai macam merek terkenal dan terbaik dan tentunya dengan harga yang bersaing.

Nah jika Anda ingin mengetahui informasi lebih jelasnya lagi mengenai mesin pemotong kertas yang tersedia di Maxipro, Anda dapat mengunjungi websitenya di www.maxipro.co.id.

Baca Juga: