RajaBacklink

Tips Mengatur Kesehatan Agar Tubuh Tidak Mudah Lelah Dan Capek

3 Agu 2020  |  62x | Ditulis oleh : Admin
Tips Mengatur Kesehatan Agar Tubuh Tidak Mudah Lelah Dan Capek

Tanpa kita sadari, dengan semakin bertambahnya usia kita, semakin lemah juga daya tahan tubuh kita. mulai dari gampang sakit, gampang masuk angin, gampang capek, gampang pusing, sampai stamina yang sudah tidak sekuat dulu sewaktu masih duduk di bangku sekolah. Hal ini kadang sering disepelekan oleh kebanyakan orang yang sudah sibuk dengan pekekerjaannya, tetapi memiliki dampak yang besar bagi kehidupan masing-masing.

Bisa kita bayangkan ketika kita dikejar deadline pekerjaan kantor, tapi mendadak masuk angin datang menyerang. Tentunya sangat menjengkelkan bagi kita karena produktifitas kita akan berkurang. Dan parahnya lagi jika sampai menghambat pekerjaan kita. bisa jadi karena kejadian ini, kita bisa mendapatkan peringatan atau teguran dari kantor. Oleh sebab itu sangat dibutuhkan sekali kita bisa mengatur kesehatan kita sedini mungkin, sebelum timbul masalah-masalah kesehatan yang lain.

Untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan, kebugaran fisik menjadi sangat berharga sekali. Kesehatan adalah proritas paling utama yang bisa mempengaruhi prioritas lainnya. Mungkin dahulu olahraga merupakan kegiatan yang paling kita spelekan dan malas lakukan. Tetapi sekarang olahraga menjelma menjadi kebutuhan yang penting dalam keseharian kita. hal ini untuk melancarkan berbagai aktivitas, khususnya pekerjaan bagi orang dewasa. Dan ini kita bisa memulainya dengan melakukan olahraga dari seminggu dua sampai tiga kali. Dan untuk selanjutnya kita bisa menambah porsi olahraga sesuai kebutuhan kita.

Bentuk olahraga yang akan kita lakukan tidak perlu olahraga yang berat. Cukup melakukan olahraga dengan gerakan-gerakan yang ringan, seperti stretching, yang lebih mengarah ke pelemasan otot-otot kita yang kaku saat bekerja. Pemanasan menjadi hal yang utama karena akan berdampak pada saat kita melakukan aktivitas kerja. Maka keluhan-keluhan seperti otot kaku, capek, pegal dan lainnya akan perlahan hilang bila kita melakukan olahraga dengan rutin.

Selain itu ada baiknya untuk memilih olahraga kategori kardio seperti, berenang, bersepeda, lari, dan olehraga permainan. Oleh raga ini akan lebih menarik dibandingkan dengan olahraga beban yang cenderung untuk pembentukan massa otot. Bentuk olahraga permainan seperti bulu tangkis, bola basket, sepak bola dan sebagainya. Olahraga ini tingkat kesenangan dan keseruannya lebih tinggi karena olahrga ini membutuhkan banyak orang untuk bermain.

Olahraga kardio lebih mengarah kepada pembakaran lemak di tubuh, sehingga sangat efektif sekali bagi yang sedang berdiet, dan juga dapat digunakan sebgai penyeimbang dari pola makan mereka yang teratur. Selain itu istirahat yang cukup juga mempengaruhi tingkat kesehatan dan kebugaran. Semakin cukup kebutuhan istirahat kita, maka akan semakin terhindar dari rasa malas menyerang di pagi hari dan mengurangi pertumbuhan lemak jahat yang disebabkan kurangnya istirahat kita.

Untuk olahraga jenis pembentukan dan daya tahan dapat dilakukan tergantung pada kebutuhan masing-masing. Bagi mereka yang ingin menjaga tubuh mereka tetap sehat, sebaiknya diimbangi dengan olahraga yang lebih mengarah ke daya tahan. Sehingga stamina akan semakin meningkat dan juga tubuh kita tidak mudah lelah dan capek.

Sebenarnya semua jenis olahraga adalah baik. Tetapi terkadang ada hal yang bisa menjadi masalah bagi orang dewasa adalah rasa malas dan tidak konsisten. Dan mungkin untuk mengawalinya adalah niat untuk berolah raga. Tetapi kebanyakan banyak yang tidak sanggup berkomitmen untuk rutin berolahraga. Salah satu faktornya ialah tercapainya tujuan mereka hasil dari olahraga yang dilakukannya.

Berita Terkait
Baca Juga: